Indallah, M. Najib (2025) Analisis Miskonsepsi Siswa Pada Pembelajaran Biologi Materi Keanekaragaman Hayati Kelas Xb Di SMA Argopuro Panti Jember. Undergraduate thesis, UIN Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.
![]() |
Text
M. Najib Indallah_T20198124.pdf Download (21MB) |
Abstract
M. Najib Indallah, 2025 : Analisis Miskonsepsi Siswa Pada Pembelajaran Biologi Materi Keanekaragaman Hayati Kelas Xb Di SMA Argopuro Panti Jember.
Kata Kunci : Miskonsepsi, pembelajaran biologi, keanekaragaman hayati
Keanekaragaman hayati merupakan materi biologi penting yang mendasari pemahaman tentang pelestarian lingkungan, namun sering menimbulkan miskonsepsi karena perbedaan pemahaman siswa dengan konsep ilmiah. Oleh karena itu, guru perlu strategi tepat untuk mengidentifikasi dan mengatasi hal ini. Penelitian ini berfokus pada bagaimana miskonsepsi yang dialami siswa dan faktor-faktor yang memengaruhi pemahaman siswa.
Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: 1) Bagaimana miskonsepsi yang dimiliki siswa kelas X di SMA Argopuro Panti Jember terkait materi keanekaragaman hayati? 2) Apa faktor-faktor yang mempengaruhi pemahaman siswa terhadap materi keanekaragaman hayati?
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitan deskriptif yang bertujuan untuk mengetahui miskonsepsi siswa pada pembelajaran biologi, khususnya pada materi keanekaragaman hayati. Teknik pengumpulan datanya adalah tes, observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan derdiri atas teknik analisis data yang digunakan terdiri atas pengumpulan data (Data Collection), kondensasi data (Data Kondensasion), penyajian data (Data Display), dan penarikan kesimpulan (Drawing/Verification), dan tahap keabsahan data menggunakan teknik triangulasi teknik dan triangulasi sumber.
Berdasarkan penelitian yang penulis lakukan dapat disimpilkan bahwa miskonsepsi pada materi keanekaragaman hayati masih ditemukan di kalangan siswa kelas X SMA Argopuro Panti Jember, yang dipengaruhi oleh berbagai faktor seperti pemahaman konsep, strategi pembelajaran, dan sumber belajar. Hasil penelitian diharapkan dapat menjadi dasar bagi guru dalam merancang strategi pembelajaran yang lebih efektif untuk mengatasi miskonsepsi siswa.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | 16 STUDIES IN HUMAN SOCIETY > 1603 Demography > 160301 Family and Household Studies |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris Biologi |
Depositing User: | M. Najib Indallah Spd |
Date Deposited: | 07 Jul 2025 07:41 |
Last Modified: | 07 Jul 2025 07:41 |
URI: | http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/47329 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |