Penanaman Nilai-Nilai Multikultural Dalam Pendidikan Agama Islam di Sekolah Menengah Atas Negeri Senduro Kabupaten Lumajang

aghfiroturrohmah, aghfiroturrohmah (2025) Penanaman Nilai-Nilai Multikultural Dalam Pendidikan Agama Islam di Sekolah Menengah Atas Negeri Senduro Kabupaten Lumajang. Masters thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Shiddiq Jember.

[img] Text
NEW TESIS.pdf

Download (16MB)

Abstract

Maghfiroturrohmah, 2025. Penanaman Nilai-Nilai Multikultural dalam Pendidikan Agama Islam di Sekolah Menengah Atas Negeri Senduro Lumajang. Program Studi Manajaemen Pendidikan Islam Pascasarjana IAIN Jember, Pembimbing: 1). Dr. H. Saihan., M. Pd.I 2). Dr. H. Mustajab., M.Pd.I
Kata Kunci: Nilai-nilai Multikultural, Pendidikan Agama Islam, Sekolah Menengah Atas.
Indonesia merupakan negara yang kaya akan keragaman suku, budaya, agama, dan bahasa. Dalam konteks keberagaman tersebut, dunia pendidikan memiliki peran strategis dalam menanamkan nilai-nilai multikultural kepada generasi muda Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis proses penanaman nilai-nilai multikultural dalam mata pelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) di Sekolah Menengah Atas Negeri (SMAN) Senduro, Kabupaten Lumajang. Penanaman nilai-nilai multikultural menjadi sangat penting dalam konteks masyarakat Indonesia yang majemuk, termasuk di lingkungan SMAN Senduro yang dihuni oleh peserta didik dengan latar belakang agama, budaya, dan sosial yang beragam. Pendidikan Agama Islam sebagai salah satu mata pelajaran yang strategis diharapkan dapat menjadi media efektif dalam penanaman nilai-nilai toleransi, penanaman nilai-nilai toleransi, dan penanaman persaudaraan secara damai di tengah perbedaan.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan jenis study kasus Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara mendalam dengan guru Pendidikan Agama Islam, kepala sekolah, siswa, serta dokumentasi pembelajaran. Data yang terkumpul dianalisis melalui tahapan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Keabsahan data diperoleh melalui teknik triangulasi sumber dan metode.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa Pe$nanaman Nilai-Nilai Pe$ndidikan Multikultural Dalam Pe$mbe$lajaran Pe$ndidikan Agama Islam Di SMA Ne$ge$ri Se$nduro$ Lumajang meliputi pe$nanaman nilai-nilai to$le$ransi te$rhadap pe$se$rta didik yaitu sikap saling me$nghargai pe$rbe$daan agama, budaya antar siswa de$ngan siswa se$rta guru dan penguatan pe$mahaman me$ntal ke$agamaan me$lalui ke$yakinan dalam be$ragama pada diri siswa. pe$nanaman nilai-nilai nasio$nalisme$ te$rhadap pe$se$rta didik yaitu memberikan pengatan te$rhadap Ke$ragaman Budaya Nusantara pada siswa, Partisipasi dalam Ke$giatan Ke$bangsaan di Se$ko$lah, Me$nunjukkan Ke$pe$dulian So$sial te$rhadap Lingkungan Se$kitar dan Me$njunjung Tinggi Pancasila se$bagai Dasar Ide$o$lo$gi Ne$gara. Pe$nanaman nilai-nilai Pe$rsaudaraan te$rhadap pe$se$rta didik.pertama munculnya jiwa So$lidaritas So$sial dan E$mpati Antar individu.kedua, ko$labo$rasi dan Ke$rja Sama dalam Ke$be$ragaman, ketiga, Ke$te$ladanan Guru dalam Multikulturalisme$
Penelitian ini menyimpulkan bahwa pertama Pe$nanaman pe$nanaman nilai-nilai to$le$ransi te$rhadap pe$se$rta didik di Se$ko$lah Me$ne$ngah Atas Ne$ge$ri Se$nduro$ kabupate$n Lumajang de$ngan cara se$bagai be$rikut: Sikap saling me$nghargai pe$rbe$daan agama, budaya antar siswa de$ngan siswa se$rta guru. Pe$nguatan pe$mahaman me$ntal ke$agamaan me$lalui ke$yakinan dalam be$ragama pada diri siswa, kedua, Pe$nanaman nilai-nilai nasio$nalisme$ te$rhadap pe$se$rta didik di Se$ko$lah Me$ne$ngah Atas Ne$ge$ri Se$nduro$ kabupate$n Lumajang de$ngan be$be$rapa cara diantaranya adalah: Pe$nghargaan te$rhadap Ke$ragaman Budaya Nusantara pada siswa, Partisipasi dalam Ke$giatan Ke$bangsaan di Se$ko$lah, Me$nunjukkan Ke$pe$dulian So$sial te$rhadap Lingkungan Se$kitar, Me$njunjung Tinggi Pancasila se$bagai Dasar Ide$o$lo$gi Ne$gara, ketiga, Pe$nanaman nilai-nilai Pe$rsaudaraan te$rhadap pe$se$rta didik di Se$ko$lah Me$ne$ngah Atas Ne$ge$ri Se$nduro$ kabupate$n Lumajang de$ngan be$be$rapa cara di antaranya adalah: So$lidaritas So$sial dan E$mpati Antar individu, Ko$labo$rasi dan Ke$rja Sama dalam Ke$be$ragaman, Ke$te$ladanan Guru dalam Multikulturalisme

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130101 Continuing and Community Education
Divisions: Program Magister > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Maghfiroturrohmah
Date Deposited: 07 Jul 2025 08:31
Last Modified: 07 Jul 2025 08:31
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/47362

Actions (login required)

View Item View Item