Aminatuzzuhro Maulidiyah, Jihan (2025) Peran Permainan Tradisional Lompat Tali Dalam Perkembangan Motorik Kasar Pada Anak Tunagrahita di Fair Course Islamic Preschool Kecamatan Kaliwates Kabupaten Jember. Undergraduate thesis, UIN kiai haji achmad siddiq jember.
![]() |
Text
HEYYYOOOO_SKRIPSIKU_UDAH_JADI 100%.pdf Download (80MB) |
Abstract
Jihan Aminatuzzuhro Maulidiyah, 2025: Peran Permainan Tradisional Lompat Tali Dalam Perkembangan Motorik Kasar Pada Anak Tunagrahita di Fair Course Islamic Preschool Kecamatan Kaliwates Kabupaten Jember.
Kata kunci: permainan tradisional, lompat tali, motorik kasar, anak tunagrahita
Perkembangan motorik kasar anak tunagrahita seringkali mengalami hambatan, sehigga memerlukan stimulus yang tepat dan menyenangkan. Permainan tradisional lompat tali menjadi salah satu media stimulasi untuk membantu proses mengembangkan motorik kasar anak tunagrahita. Permainan lompat tali juga dapat membantu anak tunagrahita dalam mengatasi hambatan dalam motorik kasar mereka seperti gerakan melompat dan berlari secara terkoordinasi. Dengan demikian, permainan tradisional lompat tali secara efektif dapat membantu perkembangan motorik kasar anak tunagrahita.
Fokus penelitian dalam penelitian ini adalah: 1) Bagaimana peran permainan tradisional lompat tali dalam membantu proses mengembangkan motorikkasar pada anak tunagrahita di Fair Course Islamic Preschool? (2) Bagaimana gambaran perkembangan motorik kasar melalui permainan tradisional lompat tali pada anak tunagrahita di Fair Course Islamic Preschool?. Tujuan penelitian ini adalah: 1) Untuk mendeskripsikan aktivitas permainan tradisional lompattali dalam membantu proses mengembangkan kemampuan motorik kasar pada anak tunagrahita di Fair Course Islamic Preschool. 2) Untuk mendeskripsikan gambaran perkembangan motorik kasar pada anak tunagrahita melalui permainan tradisionallompat tali di Fair Course Islaimc Preschool.
Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif deskriptif dengan menggunakan teknik pengumpulan data observasi, wawancara dan dokumentasi. Subjek penelitian ini adalah 3 siswa tunagrahita sedang di Fair Course Islamic Preschool. Adapun subjek dalam penelitian ini dipilih menggunakan teknik purposive sampling. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa permainan tradisional lompat tali mampu berperan sebagai salah satu alternatif stimulasi untuk mengembangkan motorik kasar anak tunagrahita sedang. Lewat permainan ini dapat memberikan kontribusi positif dalam meningkatkan kemampuan melompat, keseimbangan, koordinasi dan keseimbangan anak tunagrahita. Dengan demikian, permainan lompat tali dapat menjadi alternatif sebagai permainan yang efektif dalam mendukung perkembangan motorik kasar anak tunagrahita.
Kesimpulan dari penelitian ini adalah permainan tradisional lompat tali memiliki peran yang sangat signifikan dan dapat membantu proses pengembangan motorik kasar anak tunagrahita sedang.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | 17 PSYCHOLOGY AND COGNITIVE SCIENCES > 1701 Psychology > 170101 Biological Psychology (Neuropsychology, Psychopharmacology, Physiological Psychology) |
Divisions: | Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Psikologi Islam |
Depositing User: | Jihan Aminatuzzuhro Maulidiyah |
Date Deposited: | 07 Jul 2025 08:46 |
Last Modified: | 07 Jul 2025 08:46 |
URI: | http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/47384 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |