Arifin, M Hikam Fauzan (2025) Implementasi islamic branding di Toko Berjaringan Basmalah pada PT Sidogiri Mitra Utama. Masters thesis, UIN KHAS Jember.
|
Text
M Hikam tesis A 3 (1).pdf Download (6MB) |
Abstract
Toko Berjaringan Basmalah merupakan toko pertama berbasis Islam yang bisa bersaing secara professional dikancah nasional meskipun notabennya dari pondok salaf namun Toko Berjaringan Basmalah dengan strategi Islamic Branding bisa menjelma menjadi toko yang besar dan terkenal saat ini. Hal ini merupakan suatu keunikan untuk diteliti. Penelitian ini difokuskan pada: 1) bagaimana implementasi Islamic Branding di Toko Berjaringan Basmalah?, 2) bagaimana strategi Islamic Branding di Toko Berjaringan Basmalah?, 3) bagaimana perilaku produsen di Toko Berjaringan Basmalah?. penelitian ini bertujuan untuk untuk menganalisis Implementasi Islamic Branding di Toko Berjaringan Basmalah, untuk menganalisis Strategi Islamic Branding di Toko Berjaringan Basmalah, untuk menganalisis prilaku produse di Toko Berjaringan Basmalah.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Jenis penelitian menggunakan studi kasus. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data menggunakan pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa implementasi Islamic Branding di Toko Berjaringan Basmalah berupa: produk halal, diproduksi oleh negara Islam, produk ditunjukkan untuk konsumen muslim, produk yang dijual dari negara mayoritas Islam, ada label halal baik produk dalam negeri maupun dari negara non Islam. Strategi Islamic Branding Toko Berjaringan Basmalah berupa memahami pasar dengan jelas, membangun merek berdasarkan nilai-nilai Islam dengan daya tarik emosional, memposisikan pasar dan merek sesuai dengan relevansi pasar, mengkomunikasikan merek dengan tepat dan bersifat Islami, mendapatkan keunggulan sebagai penggerak pertama dalam industri dan kategori baru, mengembangkan bisnis baru dan etis dengan menggunakan nilai dan praktik Islam, menawarkan alternatif dekat dalam suatu jurusan kategori. Perilaku produsen berupa berwawasan jangka Panjang yaitu berorientasi kepada tujuan akhirat, berpegang teguh pada kedisiplinan dan dinamis, memuliakan pretasi atau produktivitas, mengikuti syarat sah dan rukun akad/transaksi, adil dalam bertransaksi, pembayaran upah tepat pada waktu dan layak, menghindari jenis dan proses produksi yang diharamkan dalam Islam.
| Item Type: | Thesis (Masters) |
|---|---|
| Uncontrolled Keywords: | Islamic Branding, Toko Berjaringan |
| Subjects: | 14 ECONOMICS > 1402 Applied Economics > 140207 Financial Economics |
| Depositing User: | Mr. Muhammad Hikam Fauzan Arifin |
| Date Deposited: | 07 Jul 2025 14:59 |
| Last Modified: | 07 Jul 2025 14:59 |
| URI: | http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/47401 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
