wafik, abdul (2025) ANALISIS KESESUAIAN MODUL AJAR BIOLOGI KELAS X BERDASARKAN KURIKULUM MERDEKA DI SMAS ISLAM DARUL FIKRI WRINGIN BONDOWOSO TAHUN PELAJARAN 2024/2025. Undergraduate thesis, UIN KHAS Jember.
![]() |
Text
abdulwafik-skripsi.pdf Download (4MB) |
Abstract
SMAS Islam Darul Fikri Wringin, sebuah sekolah menengah atas swasta di
Kabupaten Bondowoso, termasuk satuan pendidikan yang telah menerapkan
Kurikulum Merdeka secara aktif. Meski berstatus swasta, sekolah ini
menunjukkan komitmen yang tinggi dalam menyesuaikan diri dengan kebijakan
pendidikan nasional. Salah satu langkah nyata yang diambil adalah mendorong
para guru, khususnya guru mata pelajaran Biologi, untuk menyusun modul ajar
secara mandiri. Namun demikian, proses penyusunan modul ajar secara
individual oleh guru memunculkan tantangan tersendiri. Tidak semua guru
memiliki latar belakang pedagogik dan pengetahuan kurikulum yang mendalam,
sehingga bisa menimbulkan variasi kualitas antar modul ajar. Oleh karena itu,
penting dilakukan kajian terhadap modul ajar yang digunakan, baik dari segi
struktur, keterpaduan dengan capaian pembelajaran, pendekatan diferensiasi,
maupun relevansi materi dengan karakteristik peserta didik. Kajian terhadap
modul ajar di SMAS Islam Darul Fikri bukan hanya bertujuan untuk menilai
sejauh mana modul-modul tersebut sesuai dengan prinsip-prinsip Kurikulum
Merdeka, tetapi juga sebagai bentuk refleksi dan evaluasi berkelanjutan guna
meningkatkan mutu pembelajaran.
Tujuan penelitian ini meliputi: 1) Untuk mendeskripsikan kelengkapan
modul ajar biologi kelas x berdasarkan kurikulum merdeka di SMAS Islam Darul
Fikri
Wringin Bondowoso Tahun Pellajaran 2024/2025. 2) Untuk
mendeskripsikan kesesuaian isi modul ajar biologi kelas x berdasarkan kurikulum
merdeka di SMAS Islam Darul Fikri Wringin Bondowoso Tahun Pellajaran
2024/2025.
Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif deskiptif. Teknik
pengumpulan data yang digunakan adalah pedoman wawancara dan lembar
observasi, Adapun tahapan teknik analisis data meliputi reduksi data, penyajian
data, dan penarikan kesimpulan.
Berdasarkan hasil penelitian dapat diketahui bahwa, 1) kelengkapan
komponen modul ajar yang dibuat oleh guru biologi kelas X SMAS Islam Darul
Fikri Wringin Bondowoso memperoleh persentase keseluruhan sebesar 91,30%
dengan kategori sangat lengkap. Berdasarkan temuan dilapangan ditemukan ada 4
komponen yang masih kurang dan perlu di tingkatkan, di antaranya: Kompetensi
awal, Sarana dan prasarana, Target peserta didik, dan Model pembelajaran yang
digunakan. 2) Kesesuaian isi komponen modul ajar yang dibuat oleh guru biologi
kelas X SMAS Islam Darul Fikri Wringin Bondowoso memperoleh nilai rata-rata
persentase sebesar 99,30% dengan kategori sangat sesuai.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | 06 BIOLOGICAL SCIENCES > 0699 Other Biological Sciences > 069999 Biological Sciences not elsewhere classified |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris Biologi |
Depositing User: | Mr Abdul Wafik |
Date Deposited: | 08 Jul 2025 01:52 |
Last Modified: | 08 Jul 2025 01:52 |
URI: | http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/47512 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |