Mursyidah, Malida Nur Izzatul (2025) Pengembangan Perangkat Pembelajaran Berbasis Deep Learning untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Fikih Kelas X di Madrasah Aliyah Madinatul Ulum Jenggawah Tahun Pelajaran 2024/2025. Undergraduate thesis, UIN Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.
![]() |
Text
Skripsi BARU SIDANG watermak.pdf Download (8MB) |
Abstract
Malida Nur Izzatul Mursyidah, 2025: Pengembangan Perangkat Pembelajaran Berbasis Deep Learning untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Fikih Kelas X di Madrasah Aliyah Madinatul Ulum Jenggawah Tahun Pelajaran 2024/2025
Kata Kunci: Pengembangan, Perangkat Pembelajaran, Deep Learning, Hasil Belajar, Fikih
Pembelajaran berbasis deep learning merupakan salah satu pendekatan yang menekankan pada pemahaman mendalam, keterkaitan antar konsep, serta keterampilan berpikir kritis dan reflektif dalam proses belajar. Pendekatan ini sejalan dengan semangat Kurikulum Merdeka yang mendorong pembelajaran bermakna dan berpusat pada siswa. Hadirnya perangkat pembelajaran yang dirancang secara sistematis dan berbasis pendekatan deep learning dalam proses pembelajaran dapat meningkatkan keterlibatan dan pemahaman siswa secara mendalam. Penggunaan perangkat pembelajaran yang tepat tidak hanya membantu guru dalam menyampaikan materi secara efektif, tetapi juga mendorong siswa untuk berpikir kritis, reflektif, dan terlibat aktif dalam proses belajar. Alasan peneliti memilih madrasah ini sebagai objek penelitian adalah karena Madrasa Aliyah Madinatul Ulum memiliki komitmen kuat terhadap inovasi pembelajaran, serta telah menunjukkan antusiasme dalam pengembangan perangkat pembelajaran yang adaptif terhadap kebutuhan siswa.
Tujuan dari penelitian ini yakni: 1.) menghasilkan perangkat pembelajaran berbasis deep learning, 2.) menguji kelayakan perangkat pembelajaran berbasis deep learning, 3.) menguji efektifitas perangkat pembelajaran berbasis deep learning.
Penelitian ini menggunakan metode pengembangan atau Research and Development dengan model pengembangan Dick and Carey yang terdapat sepuluh Langkah, tetapi peneliti menggunakan delapan Langkah dikarenakan keterbatasan waktu, sumber daya, dan kondisi yang ada di lapangan. Adapun Langkah-langkahnya: 1.) identifikasi tujuan pembelajaran, 2.) analisis karakteristik siswa, 3.) perumusan tujuan khusus, 4.) mengembangkan tes acuan patokan, 5.) mengembangkan strategi pembelajaran, 6.) mengembangkan dan memilih bahan ajar, 7.) melaksanakan evaluasi formatif, 8.) revisi pembelajaran.
Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan peneliti menunjukkan bahwa: 1.) Perangkat pembelajaran dikembangkan melalui tahapan yang sistematis sesuai model Dick and Carey, dimulai dari analisis kebutuhan hingga evaluasi formatif, 2.) Hasil validasi dari para ahli menunjukkan bahwa perangkat yang dikembangkan termasuk dalam kategori sangat valid dan layak digunakan yakni 91,69%, 3.) Hasil uji coba menunjukkan bahwa perangkat pembelajaran praktis diterapkan oleh guru dan mudah dipahami oleh siswa yakni sebesar 95,75%, 4.) Penggunaan perangkat pembelajaran berbasis deep learning terbukti efektif meningkatkan hasil belajar siswa, yang terlihat dari peningkatan nilai pretest dan posttest yang signifikan yakni sebesar 0,7372 atau 73,72%.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | 13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130313 Teacher Education and Professional Development of Educators |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Malida Nur Izzatul Mursyidah |
Date Deposited: | 08 Jul 2025 04:15 |
Last Modified: | 08 Jul 2025 04:15 |
URI: | http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/47612 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |