IMPLEMENTASI MODEL CASE METHOD DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (STUDI KASUS PESERTA DIDIK SMP PLUS MIFTAHUL ULUM GLAGAHWERO-KALISAT KABUPATEN JEMBER)

Maghfiroh, Faridatul (2025) IMPLEMENTASI MODEL CASE METHOD DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (STUDI KASUS PESERTA DIDIK SMP PLUS MIFTAHUL ULUM GLAGAHWERO-KALISAT KABUPATEN JEMBER). Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri KH Achmad Shiddiq Jember.

[img] Text
SKRIPSI FARIDATUL MAGHFIROH DISTRIBUSI FIKS (1).pdf

Download (2MB)

Abstract

Pendidikan merupakan fondasi utama dalam membentuk sumber daya
manusia yang berkualitas, seiring dengan kebutuhan untuk menghasilkan individu
yang mampu berpikir kritis, adaptif, dan solutif dalam menghadapi tantangan
zaman. Salah satu pendekatan pembelajaran yang kini semakin banyak diadopsi
adalah Case Method, yaitu metode yang menempatkan peserta didik dalam situasi
nyata guna menganalisis permasalahan dan merumuskan solusi. Meskipun lebih
umum digunakan di perguruan tinggi, penerapan Case Method mulai merambah
ke jenjang Sekolah Menengah Pertama (SMP),
Penelitian ini memiliki fokus 1) Bagaimana proses perencanaan, pelaksanaan,
dan evaluasi dalam implementasi model Case Method dalam meningkatkan
kemampuan berpikir kritis Dallam pembelajaran PAI. 2) Apa saja faktor
pendukung dan penghambat dalam implementasi model Case Method dalam
meningkatkan kemampuan berpikir kritis Dallam pembelajaran PAI. 3)
Bagaimana model case method berkontribusi dalam mengembangkan kemampuan
berpikir kritis siswa dalam kontek PAI.
Adapun Tujuannya yakni untuk; 1)Mengetahui Bagaimana proses perencanaan,
pelaksanaan, dan evaluasi dalam implementasi model Case Method dalam
meningkatkan kemampuan berpikir kritis Dallam pembelajaran PAI.
2)Mengetahui Apa saja faktor pendukung dan penghambat dalam implementasi
model Case Method dalam meningkatkan kemampuan berpikir kritis Dallam
pembelajaran PAI. 3)Mengetahui Bagaimana model case method berkontribusi
dalam mengembangkan kemampuan berpikir kritis siswa dalam kontek PAI.

Peneltian ini menggunakan metode penelitian Kualitatif Deskriptif Teknik
pengumpulan datanya melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Subyek
penelitian ini ialah kepala sekolah, guru Pendidikan Agama Islam dan peserta
didik. Pengambilan subyek dilakukan dengan teknik purposive sampling. Analisis
data yang digunakan adalah analisis model Miles, Huberman and Saldana yaitu
pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan.
Keabsahan data pada penelitian ini menggunakan triangulasi sumber dan teknik.
Penelitian ini memperoleh hasil Implementasi model Case Method dalam
pembelajaran PAI di SMP Miftahul Ulum Kalisat Jember terbukti efektif dalam
meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa. Hal ini dicapai melalui tahapan
perencanaan yang sistematis, pelaksanaan yang partisipatif, dan evaluasi yang
reflektif. Meski terdapat beberapa kendala, manfaat metode ini dalam mengasah
keterampilan berpikir kritis, kerja sama, dan pengambilan keputusan sangat nyata
dan signifikan dalam konteks pendidikan agama.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130211 Religion Curriculum and Pedagogy
Depositing User: Magfirotul Fafidaful Magfiroh
Date Deposited: 08 Jul 2025 04:22
Last Modified: 08 Jul 2025 04:22
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/47625

Actions (login required)

View Item View Item