Inovasi Program Madrasah Kelor Melalui Konsep Green School di Madrasah Aliyah Negeri Lumajang

Rosida, Nabilah (2025) Inovasi Program Madrasah Kelor Melalui Konsep Green School di Madrasah Aliyah Negeri Lumajang. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
skripsi nabila watermark.pdf

Download (1MB)

Abstract

Nabilah Rosida, 2025:Inovasi Program Madrasah Kelor Melalui Konsep Green School di Madrasah Aliyah Negeri Lumajang
Kata kunci:Inovasi Program Madrasah Kelor, Konsep Green School
Program Unggulan adalah suatu program yang dirancang dan dijalankan oleh suatu lembaga madrasah bersifat inovatif dan menjadi prioritas untuk mencapai tujuan tertentu. Seperti halnya yang ada di Madrasah Aliyah Negeri Lumajang memiliki beberapa program unggulan salah satunya program madrasah kelor. Program Madrasah Kelor adalah suatu program Madrasah melalui konsep Green School yang berwawasan lingkungan asri dan bersih serta berperan aktif dalam kualitas layanan di madrasah, sehingga dengan ini partisipasi siswa siswi menjadi elemen penting dalam program madrasah kelor. Inovasi Program Madrasah Kelor melalui Konsep Green School adalah ide atau gagasan baru yang dilakukan oleh madrasah yang bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan alam dan mempelajari manfaatnya. Selain itu, untuk mengedukasi siswa tentang keberlanjutan dan kepedulian terhadap lingkungan hidup dalam kehidupan sehari-hari.
Fokus Penelitian dalam skripsi ini adalah: (1) Bagaimana Tingkat Kemandirian Dalam Inovasi Program Madrasah Kelor Melalui Konsep Green School Di Madrasah Aliyah Negeri Lumajang. (2) Bagaimana Partisipasi Siswa Dalam Inovasi Program Madrasah Kelor Melalui Konsep Green School Di Madrasah Aliyah Negeri Lumajang. (3) Bagaimana Transparansi Dalam Inovasi Program Madrasah Kelor Melalui Konsep Green School Di Madrasah Aliyah Negeri Lumajang.
Tujuan penelitian ini adalah: (1) Untuk mendeskripsikan Tingkat Kemandirian Dalam Inovasi Program Madrasah Kelor Melalui Konsep Green School Di Madrasah Aliyah Negeri Lumajang. (2) Untuk mendeskripsikan Partisipasi Siswa Dalam Inovasi Program Madrasah Kelor Melalui Konsep Green School Di Madrasah Aliyah Negeri Lumajang. (3) Untuk mendeskripsikan Transparansi Dalam Inovasi Program Madrasah Kelor Melalui Konsep Green School Di Madrasah Aliyah Negeri Lumajang.
Untuk menjawab permasalahan tersebut peneliti menggunakan pendekatan kualitatif. Adapun teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data meenggunakan deskriptif kualitatif dengan model interaktif Miles Hubarman, Saldana dengan langkah kondensasi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Metode keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik.
Penelitian ini sampai pada simpulan bahwa (1) Tingkat kemandirian dalam inovasi program madrasah kelor meliputi perencanaan dan pengelolaan kegiatan penanaman yang setiap kelompok membawa 1 bibit pohon kelor, produksi hasil kelor dan pemasaran produk olahan kelor tanpa ketergantungan pada pihak luar. (2) Partisipasi siswa dalam inovasi program yakni keterlibatan organisasi esktrakurikuler koperasi, keterlibatan siswa dalam kegiatan classs meeting, dan kreativitas siswa dalam mengembangkan program melalui kegiatan bazar di Kemenag. (3) Tranparansi meliputi keterlibatan siswa dalam organisasi koperasi, pelaporan keuangan 1 bulan sekali, informasi terkait program melalui sosial media dan Monitoring dilakukan oleh kepala madrasah dan yang dimonitoring yakni terhadap pengelolaan bahan kelor nya. Yang dievaluasi terkait proses pengelolaan bahan kelor, keuntungan dari terjualnya hasil kelor dan permasalahan yang terjadi dalam program madrasah kelor.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130203 Economics, Business and Management Curriculum and Pedagogy
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Ms Nabilah Rosida
Date Deposited: 08 Jul 2025 06:38
Last Modified: 08 Jul 2025 06:38
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/47628

Actions (login required)

View Item View Item