Afkarin, Liza (2025) Pengaruh Islamic Marketing Mix dan Waiting List Haji terhadap Minat Nasabah pada Produk Tabungan Haji Bank Mega Syariah Jember. Undergraduate thesis, UIN KH Achmad Siddiq Jember.
![]() |
Text
skripsi watermax liza afkarin.pdf Download (6MB) |
Abstract
Fenomena yang melatarbelakangi penelitian ini adalah meningkatnya
minat masyarakat Indonesia, khususnya di Jember, untuk menunaikan ibadah haji
di tengah kondisi waiting list (daftar tunggu) yang sangat panjang, bahkan bisa
mencapai belasan hingga puluhan tahun. Di sisi lain, lembaga keuangan syariah
seperti Bank Mega Syariah merespon peluang ini dengan menawarkan produk
tabungan haji berbasis prinsip syariah.
Rumusan masalah dalam penelitian ini: 1) Apakah Islamic Marketing Mix
berpengaruh terhadap minat nasabah pada produk tabungan haji Bank Mega
Syariah?; 2) Apakah Waiting List Haji berpengaruh terhadap minat nasabah pada
produk tabungan haji Bank Mega Syariah?; 3) Apakah Islamic Marketing Mix dan
Waiting List Haji berpengaruh terhadap minat nasabah pada produk tabungan haji
Bank Mega Syariah?
Tujuan dalam penelitian ini 1) Untuk menganalisis apakah Islamic
Markaring Mix berpengaruh terhadap minat nasabah pada produk tabungan haji
Bank Mega Syariah; 2) Untuk menganalisis apakah Waiting List Haji berpengaruh
terhadap minat nasabah pada produk tabungan haji Bank Mega Syariah; 3) Untuk
menganalisis apakah Islamic Markaring Mix dan Waiting List Haji berpengaruh
terhadap minat nasabah pada produk tabungan haji Bank Mega Syariah Jem.
Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan
pendekatan kuantitatif dengan teknik survei, di mana data dikumpulkan melalui
penyebaran kuesioner kepada 100 nasabah tabungan haji Bank Mega Syariah
Jember. Variabel independent dalam penelitian ini adalah Iskamic Marketing Mix
dan Waiting List Haji, sedangkan variabel dependen adalah minat nasabah.
Hasil analisis menunjukkan bahwa: 1) Islamic Marketing Mix berpengaruh
secara signifikan terhadap minat nasabah dalam memilih produk tabungan haji di
Bank Mega Syariah Jember. Dengan hasil analisis regresi parsial (uji t), diperoleh
nilai signifikansi sebesar 0,000 yang lebih kecil dari taraf signifikansi 0,05 (0,000
< 0,05). Selain itu, nilai t hitung sebesar 11,446 lebih besar dibandingkan dengan t
tabel sebesar 1,984 (11,446 > 1,984); 2) Waiting List Haji tidak berpengaruh
secara signifikan terhadap minat nasabah dalam memilih produk tabungan haji di
Bank Mega Syariah Jember. Dengan hasil analisis regresi parsial (uji t), diperoleh
bahwa variabel Waiting List Haji (X2) memiliki nilai signifikansi sebesar 0,172,
yang lebih besar dari taraf signifikansi 0,05 (0,172 > 0,05). Selain itu, nilai t
hitung sebesar -1,376 lebih kecil dari t tabel sebesar 1,984 (-1,376 < 1,984); 3)
Islamic Marketing Mix dan Waiting List Haji secara simultan berpengaruh
terhadap minat nasabah dalam memilih produk tabungan haji di Bank Mega
Syariah Jember. Hal ini dibuktikan dengan nilai signifikansi sebesar 0,000 yang
lebih kecil dari taraf signifikansi 0,05 (0,000 < 0,05) dan nilai F hitung sebesar
150,552 yang jauh lebih besar dari nilai F tabel sebesar 3,09.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | 14 ECONOMICS > 1403 Econometrics > 140305 Time-Series Analysis 19 STUDIES IN CREATIVE ARTS AND WRITING > 1903 Journalism and Professional Writing > 190301 Journalism Studies 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1502 Banking, Finance and Investment |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syari'ah |
Depositing User: | Ms Liza Afkarin |
Date Deposited: | 08 Jul 2025 07:00 |
Last Modified: | 08 Jul 2025 07:00 |
URI: | http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/47644 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |