Taqwim, Rizky Insani (2025) STRATEGI MENGAKUISISI MASYARAKAT NON MUSLIM UNTUK MENJADI NASABAH DI BANK SYARIAH INDONESIA KCP JEMBRANA BALI. Undergraduate thesis, UIN KH Achmad Siddiq Jember.
![]() |
Text
FULL SKRIPSI DIGILIB.pdf Download (5MB) |
Abstract
ABSTRAK
Rizky Insani Taqwim, 2025: Strategi Mengakuisisi Masyarakat Non Muslim Untuk Menjadi Nasabah di Bank Syariah Indonesia (BSI) KCP Jembrana Bali
Kata Kunci: Strategi, Akuisisi, Non Muslim, Nasabah BSI
Strategi Mengakuisisi Masyarakat Non Muslim Untuk Menjadi Nasabah Di Bank Syariah Indonesia" merupakan sebuah kajian yang berusaha memahami bagaimana pandangan masyarakat non-Muslim terhadap sistem dan layanan yang ditawarkan oleh Bank Syariah Indonesia (BSI). Dalam konteks pluralitas masyarakat Indonesia yang kaya akan keragaman agama, penting untuk menelaah sejauh mana lembaga keuangan berbasis syariah ini dapat diterima oleh masyarakat yang berasal dari latar belakang agama non-Muslim.
Fokus penelitian yang diteliti oleh peneliti pada skripsi ini yaitu: 1) Bagaimana persepsi masyarakat non-Muslim untuk menjadi nasabah di BSI KCP Jembrana, Bali? 2). Bagaimana Strategi BSI KCP Jembrana Bali menarik nasabah Non muslim untuk menjadi nasabah?
Tujuan dari dilakukannya penelitian ini yaitu untuk: 1) Untuk mengetahui persepsi masyarakat non-Muslim untuk menjadi nasabah di BSI KCP Jembrana, Bali. 2) Untuk mengetahui Strategi BSI KCP Jembrana Bali menarik nasabah Non muslim untuk menjadi nasabah.
Untuk meneliti dan mengolah data pada penelitian ini peneliti menggunakan metode pendekatan kualitatif dengan jenis penelitiannya bersifat deskriptif. Teknik pengumpulan subyek dengan menggunakan metode purposive. Analisis datanya menggunakan metode deskriptif. Dimana teknik pengumpulan datanya menggunakan metode observasi, dokumentasi dan wawancara. Dan uji keabsahan datanya menggunakan metode Triangulasi teknik dan triangulasi sumber.
Hasil dari penelitian ini menyatakan bahwa 1) Persepsi masyarakat non-Muslim terhadap BSI KCP Jembrana menunjukkan persepsi positif berkat pemahaman yang meningkat terhadap prinsip syariah dan pendekatan yang ramah budaya. Nilai-nilai Islam seperti keadilan dan anti-eksploitasi sejalan dengan filosofi Tri Hita Karana. 2) Strategi BSI KCP Jembrana Bali menarik nasabah Non muslim untuk menjadi nasabah mencerminkan keberhasilan inklusif dan adaptif yang mengedepankan nilai universal seperti keadilan dan transparansi. Pendekatan edukatif, komunikasi yang menghargai budaya lokal.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1502 Banking, Finance and Investment > 150299 Banking, Finance and Investment not elsewhere classified |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syari'ah |
Depositing User: | Mr. Rizky Taqwim |
Date Deposited: | 08 Jul 2025 07:41 |
Last Modified: | 08 Jul 2025 07:41 |
URI: | http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/47663 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |