Abdillah, Muhammad Dzulfikar (2025) MEMBENTUK KARAKTER RELIGIUS SISWA MELALUI GOLDEN HABITS DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA MUHAMMADIYAH 4 BOARDING SCHOOL TANGGUL. Undergraduate thesis, UNIVERSITAS KIAI HAJI ACHMAD SHIDDIQ JEMBER.
![]() |
Text
M. Dzulfikar Abdillah.pdf Download (3MB) |
Abstract
Muhammad Dzulfikar Abdillah, 2025: Membentuk Karakter Religius Siswa
Melalui Golden Habits di Sekolah Menengah Pertama Muhammadiyah 4 Boarding
School Tanggul.
Kata Kunci: golden habits, karakter religius
Pembentukan karakter religius siswa memang menjadi isu aktual dalam
dunia Pendidikan. Namun, implementasinya melalui golden habits secara detail
masih belum optimal. Oleh karena itu, penelitian ini membahas lebih detail
bagaimana pembiasaan emas ini bisa secara optimal dalam pembentukan karakter
religius siswa. Penelitian ini menghasilkan manfaat teoretis dan praktis yang
signifikan, yang mendukung pengembangan pendidikan karakter religius,
khususnya dalam konteks sekolah berasrama seperti SMP Muhammadiyah 4
Boarding School Tanggul.
Fokus penelitian ini adalah: 1) Bagaimana penerapan Golden Habits dalam
membentuk karakter religius siswa di SMP Muhammadiyah 4 Boarding School
Tanggul? 2) Apa saja faktor pendukung dalam membentuk karakter religius siswa
melalui penerapan Golden Habits di SMP Muhammadiyah 4 Boarding School
Tanggul?. 3) Apa saja tantangan dalam membentuk karakter religius siswa melalui
penerapan Golden Habits di SMP Muhammadiyah 4 Boarding School Tanggul?.
Tujuan penelitian ini adalah untuk 1) Mendeskripsikan penerapan Golden Habits
dalam membentuk karakter religius siswa di SMP Muhammadiyah 4 Boarding
School Tanggul. 2) Faktor pendukung dalam membentuk karakter religius siswa
melalui penerapan Golden Habits di SMP Muhammadiyah 4 Boarding School
Tanggul. 3) Mendeskripsikan tantangan dalam membentuk karakter religius siswa
melalui penerapan Golden Habits di SMP Muhammadiyah 4 Boarding School
Tanggul.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif, dengan jenis
penelitian lapangan (field research). Lokasi penelitian dilakukan di SMP
Muhammadiyah 4 Boarding School Tanggul, dengan subyek Ustadz dan siswa.
Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data
memakai model Miles, Huberman yang diperkuat dengan menggunakan analisis
tematik. Keabsahan data diuji menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi
teknik.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Golden Habits diterapkan melalui
ibadah harian seperti sholat wajib berjamaah, tadarus Al-Qur’an, dan doa, serta
keteladanan pengasuh, musyrif, guru, dan mudabbir dalam perilaku sopan dan
akhlak mulia, yang mendukung kedisiplinan dan pemahaman agama siswa; (2)
Faktor pendukung meliputi lingkungan masjid yang kondusif sebagai pusat
kegiatan ibadah; (3) Tantangan utama adalah kesulitan siswa baru beradaptasi
dengan rutinitas ketat dan kurangnya motivasi intrinsik, terutama rasa percaya diri.
Penelitian ini menegaskan bahwa Golden Habits efektif membentuk karakter
religius melalui pendekatan holistik, meskipun memerlukan pendampingan intensif
dan penguatan sumber daya untuk mengatasi tantangan.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130201 Creative Arts, Media and Communication Curriculum and Pedagogy |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Muhammad Dzulfikar Abdillah |
Date Deposited: | 08 Jul 2025 08:07 |
Last Modified: | 08 Jul 2025 08:07 |
URI: | http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/47685 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |