INOVASI PEMBELAJARAN TAHFIẒUL QUR’AN DI PONDOK PESANTREN ISLAM ASH-SHIDDIQI PUTRI JEMBER (Studi Living Qur’an)

A, Said (2022) INOVASI PEMBELAJARAN TAHFIẒUL QUR’AN DI PONDOK PESANTREN ISLAM ASH-SHIDDIQI PUTRI JEMBER (Studi Living Qur’an). Undergraduate thesis, UIN KHAS JEMBER.

[img] Text
skripsi full, watermark.pdf

Download (9MB)

Abstract

Dalam proses menghafal Al-Qur'an, inovasi merupakan salah satu aspek dinamis yang sangat penting. Adanya inovasi dalam pembelajaran, proses menghafal akan lebih maksimal. Banyak santri tahfidz agak lambat dalam menghafal dan tidak dapat mempertahankan hafalan yang sudah dicapai, hal ini bukan hanya karena kemampuan yang kurang, namun juga bisa terjadi karena proses pembelajaran yang kurang tepat. Oleh karena itu, perlu adanya inovasi yang dilakukan agar dapat mempermudah santri dalam menghafal dan menjaga hafalannya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui inovasi pembelajaran tahfidzul Qur’an di Pondok Pesantren Islam Ash-Shiddiqi Putri Jember sehingga dapat memudahkan dalam menghafal, menghasilkan hafidzoh yang berkualitas dan dapat menjaga hafalan al-Qur’an. Fokus penelitian dalam skripsi ini adalah : 1) Bagaimana bentuk inovasi pembelajaran tahfidzul Qur’an di Pondok Pesantren Islam Ash-Shiddiqi Putri jember? 2) Apa implikasi dari inovasi pembelajaran tahfidzul Qur’an terhadap hafalan santri di Pondok Pesantren Islam Ash-Shiddiqi Putri Jember? Tujuan penelitian ini adalah : 1) Mendeskripsikan bagaimana inovasi pembelajaran tahfidzul Qur’an di Pondok Pesantren Islam Ash- Shiddiqi Putri Jember. 2) Mendeskripsikan implikasi dari inovasi pembelajaran tahfidzul Qur’an terhadap hafalan santri di Pondok Pesantren Islam Ash-Shiddiqi Putri Jember. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif dan jenis deskriptif, sedangkan subyek penelitiannya menggunakan purposive sampling, teknik pengumpulan datanya menggunakan observasi, wawancara, dokumentasi, metode analisis data menggunakan analisis deskriptif. Sedangkan keabsahan datanya menggunakan triangulasi sumber. Dari analisis tersebut dapat diambil kesimpulan bahwa bentuk inovasi pembelajaran tahfidzul Qur’an di Pondok Pesantren Islam Ash-Shiddiqi Puteri Jember adalah: 1) Metode Hafalan 5T (Tawassul, Tela’ah, Tartil, Tahfidz, dan Takrir), Tanpa Kartu Tahfidz, kegiatan evaluasi tahfidz berupa ayatan dan kuis 2) implikasinya santri lebih mudah menghafal dan lebih kuat hafalannya, santri dihadirkan dengan suasana menghafal al-Qur’an yang menyenangkan karena tanpa tuntutan target dan tidak membosankan, sikap tanggung jawab yang tinggi terhadap hafalan yang sudah dimiliki. Kata kunci: Inovasi, Pembelajaran, Tahfidzul Qur’an,

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies
Depositing User: A. Sa'id Alhalimi
Date Deposited: 09 Mar 2022 07:23
Last Modified: 09 Mar 2022 07:23
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/4770

Actions (login required)

View Item View Item