HUBUNGAN ANTARA DUKUNGAN SOSIAL TEMAN SEBAYA DENGAN STRESS AKADEMIK MAHASISWA SEMESTER AKHIR FAKULTAS DAKWAH UNIVERSITAS ISLAM NEGERI KIAI HAJI ACHMAD SIDDIQ JEMBER

Ahmad Karim, Minna (2025) HUBUNGAN ANTARA DUKUNGAN SOSIAL TEMAN SEBAYA DENGAN STRESS AKADEMIK MAHASISWA SEMESTER AKHIR FAKULTAS DAKWAH UNIVERSITAS ISLAM NEGERI KIAI HAJI ACHMAD SIDDIQ JEMBER. Undergraduate thesis, UIN KH. Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Skripsi Minna Ahmad Karim_ 214103030014.pdf

Download (5MB)

Abstract

Stress akademik merupakan suatu kondisi yang berkaitan dengan ketegangan fisik dan psikologis yang dialami oleh mahasiswa akibat adanya tekanan yang timbul dari berbagai tuntutan akademik. Persepsi individu terhadap kebutuhan akademisnya menimbulkan kondisi tidak nyaman yang berujung pada stres. Dukungan sosial sebaya adalah bantuan emosional, informasi, dan perawatan yang diberikan individu dengan pengalaman atau latar belakang serupa untuk membantu seseorang mengatasi tantangan. Siswa yang menerima dukungan sosial dari teman sebaya dianggap membantu mengurangi stres.
Rumusan masalah pada skripsi ini adalah apakah terdapat hubungan antara dukungan sosial teman sebaya dengan stress akademik mahasiswa semester akhir Fakultas Dakwah Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan antara dukungan sosial teman sebaya dengan stress akademik mahasiswa semester akhir Fakultas Dakwah Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.
Metode penelitian kuantitatif korelasional dengan menggunakan sampel terdiri dari 230 mahasiswa yang dipilih menggunakan teknik proportional sampling. teknik pengumpulan data melalui angket/koesioner jenis Skala Likert. Dan teknik analisis menggunakan korelasi product moment carl pearson dengan bantuan program SPSS 26.0 for windows.
Hasil penelitian nilai sinifikansi 0.000 < 0.05 yang artinya Ha diterima dan H0 ditolak, dengan Nilai Pearson Correlation sebesar 26,4% dipengaruhi oleh dukungan sosial teman sebaya. Artinya, hubungan antara dukungan sosial teman sebaya dengan stress akademik bersifat negatif dengan nilai dan tergolong kategori sedang 0,20–0,39. Dapat dinyatakan bahwa penelitian ini memiliki hubungan negatif yang signifikan adanya dukungan sosial teman sebaya berhubungan terhadap menurunya stress akademik. Hal ini sejalan dengan teori Sarafino yang menyatakan bahwa dukungan sosial teman sebaya dapat mempengaruhi turunnya tingkat stress yang berlebih.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 17 PSYCHOLOGY AND COGNITIVE SCIENCES > 1701 Psychology > 170109 Personality, Abilities and Assessment
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Bimbingan dan Konseling Islam
Depositing User: HUBUNGAN A Minna Ahmad Karim
Date Deposited: 08 Jul 2025 08:49
Last Modified: 08 Jul 2025 08:49
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/47732

Actions (login required)

View Item View Item