Pengembangan Sumber Daya Pendidik dan Tenaga kependidikan di Sekolah Menengah Atas Plus Bustanul Ulum Puger Jember

Rosi, Fathor (2022) Pengembangan Sumber Daya Pendidik dan Tenaga kependidikan di Sekolah Menengah Atas Plus Bustanul Ulum Puger Jember. Masters thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
FATHOR ROSI_0849119004.pdf

Download (5MB)

Abstract

ABSTRAK

FATHOR ROSI. 2021. Pengembangan Sumber Daya Pendidik dan Tenaga kependidikan di SMA Plus Bustanul ulum Puger Jember.

Kata Kunci : Pengembangan Sumber Daya, Pendidik dan Tenaga Kependidikan.
Pendidik wajib memiliki kualifikasi akademik, kompetensi, sertifikat pendidik, sehat jasmani dan rohani, serta memiliki kemampuan untuk mewujudkan tujuan pendidikan nasional meliputi 1) kompetensi paedagogik, 2) kompetensi kpribadian, 3) kompetensi professional, 4) Kompetensi sosial.
Fokus dari penelitian ini yaitu: 1) Bagaimana Pengembangan kompetensi kepribadian pendidik dan tenaga kependidikan di SMA Plus Bustanul Ulum Puger jember.? 2) Bagaimana Pengembangan kompetensi professional pendidik dan tenaga kependidikan di SMA Plus Bustanul Ulum Puger jember?, 3) Bagaimana Pengembangan evaluasi pendidik dan tenaga kependidikan di SMA Plus Bustanul Ulum Puger jember?.
Penelitian ini bertujuan: 1)Untuk Mendeskripsikan Pengembangan kompetensi kepribadian pendidik dan tenaga kependidikan di SMA Plus Bustanul Ulum Puger jember, 2)Untuk Mendeskripsikan Pengembangan kompetensi Profesional pendidik dan tenaga kependidikan di SMA Plus Bustanul Ulum Puger jember, 3)Untuk Mendeskripsikan Evaluasi Pengembangan pendidik dan tenaga kependidikan di SMA Plus Bustanul Ulum Puger jember.
Penelitian ini menggunakan metode pendekatan kualitatif deskriptif. Penentuan subyek penelitian dilakukan secara Purposive. Sumber data menggunakan sumber data primer dan sumber data sekunder. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi non partisipasi, wawancara dan studi dokumentasi. Analisis Data menggunakan deskriptif kualitatif dengan model interaktif Miles, Huberman dan Saldana. Keabsahan data menggunakan triangulasi sumber, triangulasi teknik dan membercheck.
Kesimpulan dari penelitian ini: a) Pengembangan Kompetensi Kepribadian Pendidik dan Tenaga Kependidikan yaitu pelatihan, seminar, diskusi rutin oleh kepala sekolah, serta mengikuti program pengajian kitab bersama yayasan dan pendidik di beri kesempatan untuk melanjutkan pendidikan, diadakan pelatihan pendidikan karakter mempunyai karya tulis ilmiah. b) pengembangan kopmpetensi professional pendidik dan tenaga kependidikan, di kembangkan dengan Seprvisi Kolegial, Program Literasi Pendidikan, dan Pelatihan IHT (In House Training). yaitu Pelatihan Penyususnan Perencanaan Pembelajaran bagi Pendidik, Pembimbingan Penyusunan Perencanaan Pembelajaran bagi Pendidik, Penyusunan Instrumen Penilaian Berbasis Assesmen Kompetensi Minimum bagi Pendidik, Program Literasi Sekolah bagi Pendidik dan Tenaga Kependidikan, Program Pendidikan bagi Tenaga Kependidikan, Tenaga Kependidikan Wajib Mengikuti Pelatihan Nasional. c) evaluasi pengembangan pendidik dan tenaga kependidikan, dengan di bina secara umum yaitu rapat sedangkan kalau husus langsung kepala sekolah, Evaluasi terjadwal rapat bulanan dan rapat mingguan. evaluasi langsung yaitu sesama guru saling mengingatkan.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1503 Business and Management > 150305 Human Resources Management
Divisions: Program Magister > Pendidikan Islam
Depositing User: FATHOR ROSI ROSI
Date Deposited: 11 Mar 2022 01:29
Last Modified: 11 Mar 2022 01:29
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/4774

Actions (login required)

View Item View Item