Rosi, Hidayah Fraisinta (2025) PENERAPAN MEDIA AUDIO VISUAL BERBASIS LAPTOP DALAM PEMBELAJARAN SEJARAH KEBUDAYAAN ISLAM DI MADRASAH ALIYAH DARUL ULUM ASSUSURUR SILO JEMBER. Undergraduate thesis, UIN KH Achmad Siddiq Jember.
![]() |
Text
Hidayah Fraisinta Rosi watermak..pdf Download (2MB) |
Abstract
Penerapan media dalam sebuah pembelajaran dapat meningkatkan pemahaman
siswa, mampu menampilkan informasi yang lebih menjabarkan informasi yang
diterima. Perkembangan teknologi semakin berinovasi dengan banyak nya
berbagai fitur-fitur baru dengan menyajikan materi pembelajaan yang lebih
menarik dan dapat memudahkan penyampaian materi pada saat proses
pembelajaran.
Media Audio visual merupakan alat yang dapat didengar dan dilihat
sekaligus, kata-kata audio visual ini berasal dari dua kata yakni audio (dengar)
dan visual (lihat). Pengajaran dengan mempergunakan media audio visual
merupakan suatu media yang dapat mengaktifkan pendengaran dan penglihatan
siswa, pemakaian media ini bercirikan dengan pemakaian perangkat keras selama
proses belajar seperti mesin proyektor film, tape recorder dan proyektor visual
yang lebar.
Focus penelitian dalam skripsi ini adalah: 1) Bagaimana Penerapan Media
Audio Visual Berbasis Laptop Dalam Pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam
Di Madrasah Aliyah Darul Ulum Assurur Silo Jember? 2) Bagaimana Evaluasi
Penerapan Media Audio Visual Berbasis Laptop Dalam Pembelajaran Sejarah
Kebudayaan Islam Di Madrasah Aliyah Darul Ulum Assurur Silo Jember?
Penelitian ini bertujuan untuk 1) Mendeskripsikan Penerapan Media Audio
Visual Berbasis Laptop Dalam Pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam Di
Madrasah Aliyah Darul Ulum Assurur Silo Jember. 2) Mendeskripsikan Evaluasi
Penerapan Media Audio Berbasis Laptop Dalam Pembelajaran Sejarah
Kebudayaan Islam Di Madrasah Aliyah Darul Ulum Assurur Silo Jember.
Hasil dari penelitian ini yaitu 1. Penerapan media audio visual berbasis Laptop
dalam pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam berjalan dengan efektif dan
memberikan dampak positif terhadap prose belajar mengaja 2. Evaluasi dilakukn
dengan menggunakan observasi kelas, angket kepuasan siswa dan guru, serta tes
hasil belajar. Hasil evaluasi menunjukkan bahwa media audio visual
memperbaiki pemahaman siswa terhadap kronologi sejarah dan nilai-nilai budaya
Islam.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220405 Religion and Society |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Miss Hidayah rosi |
Date Deposited: | 08 Jul 2025 12:46 |
Last Modified: | 08 Jul 2025 12:46 |
URI: | http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/47743 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |