Wardana, Yudistira Tri (2025) Implementasi KPI (key performance indicator) Dalam Meningkatkan Kinerja Karyawan Di Lembaga Amil Zakat YDSF Jember. Undergraduate thesis, UIN KH ACHMAD SIDDIQ JEMBER.
![]() |
Text
REVISI SKRIPSI YUDIS-1.pdf Download (1MB) |
Abstract
Yudistira Tri Wardana, 2025: Implementasi KPI (Key Performance Indicator)
dalam Meningkatkan Kinerja Karyawan di Lembaga Amil Zakat YDSF Cabang
Jember.
Kata Kunci: Implementasi KPI, Kinerja Karyawan
Indikator Kinerja Utama (KPI) merupakan instrumen evaluasi yang
digunakan oeh organisasi untuk mengidentifikasi dan menilai pencapaian mereka
terhadap sasaran yang telah ditetapkan. KPI dipandang sebagai komponen penting
dalam menilai tingkat keberhasilan organisasi maupun aktivitas bisnis tertentu.
Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: (1) Bagaimana lembaga
amil zakat YDSF selama ini dalam menerapkan KPI kepada karyawan? (2) Apakah
dengan adanya KPI selama ini kinerja karyawan di lembaga amil zakat YDSF sudah
terpenuhi?
Tujuan penelitian ini adalah: (1) Menganalisis penerapan KPI kepada
karyawan selama ini di Lembaga Amil Zakat YDSF Cabang Jember. (2) Menganalisis
adanya KPI selama ini kinerja karyawan di Lembaga Amil Zakat YDSF apakah sudah
terpenuhi.
Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan
penelitian kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah
teknik triangulasi, yaitu metode analisis data yang digunakan dalam penelitian
untuk meningkatkan keabsahan temuan penelitian. Dalam melakukan
mengumpulkan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) YDSF Jember sudah
menerapkan KPI kepada masing-masing SDM. Saat ini YDSF Jember sedang
menerapkan sistem KPI berbasis SIM SDM. KPI merupakan indukan dari APP
yang disusun berdasarkan visi, misi organisasi. APP tersebut merupakan proses
penilaian kinerja karyawan dan YDSF Jember menggunakan metode Balanced
Scorecard untuk mengukur kinerja karyawan. Metode ini memberikan indikator
kinerja yang jelas dan terukur untuk memantau kemajuan menuju target strategis
dan juga menyediakan informasi yang komprehensif untuk mendukung
pengambilan keputusan yang lebih baik. (2) Adanya KPI dalam kinerja karyawan
YDSF Jember sudah terpenuhi dengan baik. Dengan KPI tim SDM dapat melihat
dengan tepat bagaimana kinerja setiap karyawan. Hal ini bisa menjadwal kegiatan
karyawan jadi masing-masing SDM sudah terencana untuk aktivitas sehariharinya dan juga memudahkan bagian SDM untuk melaporkan hasil kinerjanya.
Setiap divisi berbeda-beda sesuai jobdesk nya masing-masing. Karyawan tetap
fokus pada target masing-masing juga untuk membagi beban kerja yang lebih adil
berdasarkan jabatannya. YDSF Jember juga mengikut sertakan karyawan dalam
pelatihan atau pembinaan yang terbuka yang diselenggarakan oleh lembaga
pelatihan.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | 14 ECONOMICS > 1499 Other Economics > 149901 Comparative Economic Systems |
Depositing User: | Mr Yudistira TriWardana |
Date Deposited: | 09 Jul 2025 03:09 |
Last Modified: | 09 Jul 2025 03:09 |
URI: | http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/47852 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |