Inovasi pembelajaran Guru Fikih Kelas VII A Melalui pendekatan Inkuiri Terbimbing Di Madrasah Tsanawiyah Unggulan Al-Qodiri 1 Jember Tahun pelajaran 2024/2025

Fathoni, Nofal (2025) Inovasi pembelajaran Guru Fikih Kelas VII A Melalui pendekatan Inkuiri Terbimbing Di Madrasah Tsanawiyah Unggulan Al-Qodiri 1 Jember Tahun pelajaran 2024/2025. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
SKRIPSI NOVAL.pdf

Download (4MB)

Abstract

ABSTRAK
Nofal Ahmad Fathoni, 2025 :“Inovasi Pembelajaran Guru Fikih Kelas VII A Melalui Pendekatan Inkuiri Terbimbing di Madrasah Tsanawiyah Unggulan Al-Qodiri 1 Jember Tahun Pelajaran 2024/2025”.
Kata kunci :Inovasi Pembelajaran, Inkuiri Terbimbing.
Madrasah tsanawiyah Unggulan Al-Qodiri 1 Jember khususnya guru Fikih menggunakan strategi pembelajaran inkuiri terbimbing yang mana di inovasikan sesuai dengan karakteristik siswa yang ada. Dengan inovasi pembelajaran guru fikih di kelas VII A melalui pendekatan inkuiri terbimbing sehingga bisa membuat siswa menjadi kritis dan meningkat dalam hasil belajarnya.
Adapun yang menjadi fokus pada penelitian ini yaitu : 1) Bagaimana implementasi inovasi pembelajaran guru fikih kelas VII A melalui pendekatan inkuiri terbimbing di MTs Unggulan Al-Qodiri 1 Jember tahun pelajaran 2024/2025? 2)Apa implikasi guru fikih dalam mengimplementasikan inovasi pembelajaran melalui pendekatan inkuiri terbimbing di MTs Unggulan Al-Qodiri 1 Jember tahun pelajaran 2024/2025? 3) Apa kendala yang dihadapi guru fikih dalam mengimplementasikan inovasi pembelajaran melalui pendekatan inkuiri terbimbing di MTs Unggulan Al-Qodiri 1 Jember tahun pelajaran 2024/2025?
Peneliti menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Subjek penelitian pada penelitian ini menggunakan purposive sampling. Teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis datanya menggunakan model interaktif Miles dan Huberman yaitu pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan verifikasi data. Adapun keabsahan datanya menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi metode.
Penelitian ini menghasilkan beberapa kesimpulan yaitu 1) ada beberapa tahap dalam implementasinya yakni tahap pelaksanaan tahap membuat kesimpulan, tahap mengkomunikasikan. Ada tiga implikasi yakni menekankan kepada aktivitas siswa secara maksimal agar tidak bosan dalam belajar, mengajari siswa untuk belajar mencari solusi atas problematika yang dia hadapi dan agar siswa biar bisa berpikir kritis logis dan sistematis. Kendala dari pengimplementasian inovasi pembelajaran melalui pendekatan inkuiri terbimbing di MTs Unggulan Al-Qodiri 1 Jember hanya kurangnya di waktu pembelajaran. di Madrasah Tsanawiyah alokasi waktunya hanya 80 menit pembelajaran fikih.2) Ada tiga implikasi yang telah dinyatakan oleh guru fikih yakni menekankan kepada aktivitas siswa secara maksimal agar tidak bosan dalam belajar, mengajari siswa untuk belajar mencari solusi atas problematika yang dia hadapi dan agar siswa biar bisa berpikir kritis logis dan sistematis. 3) Kendala dari pengimplementasian inovasi pembelajaran melalui pendekatan inkuiri terbimbing di Madrasah Tsanawiyah Unggulan Al-Qodiri 1 Jember hanya kurangnya di waktu pembelajaran. di Madrasah Tsanawiyah alokasi waktunya hanya 80 menit pembelajaran fikih.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220402 Comparative Religious Studies
22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies
Depositing User: Mr Nofal Fathoni
Date Deposited: 09 Jul 2025 03:24
Last Modified: 09 Jul 2025 03:24
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/47875

Actions (login required)

View Item View Item