PENGARUH VIRTUAL CUSTOMER SERVICE DAN RESPONSIVENESS TERHADAP KEPUASAN NASABAH BANK MEGA SYARIAH KCP JEMBER

A Bantani, Savira (2025) PENGARUH VIRTUAL CUSTOMER SERVICE DAN RESPONSIVENESS TERHADAP KEPUASAN NASABAH BANK MEGA SYARIAH KCP JEMBER. Undergraduate thesis, UIN KH Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
SKRIPSI SAVIRA A watermark.pdf

Download (1MB)

Abstract

Kata Kunci : Virtual Customer Service, Responsiveness, Kepuasan Nasabah
Inovasi dalam pelayanan digital menjadi bagian penting dalam meningkatkan kualitas layanan perbankan syariah. Salah satu bentuk layanan digital tersebut adalah Virtual Customer Service (VCS), yang memungkinkan nasabah mengakses layanan perbankan tanpa harus hadir secara fisik. Selain itu, kemampuan bank dalam merespons kebutuhan nasabah secara cepat (responsiveness) juga menjadi faktor penentu kepuasan nasabah. Oleh karena itu, penelitian ini dilakukan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh VCS dan responsiveness terhadap kepuasan nasabah Bank Mega Syariah KCP Jember.
Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: (1) Apakah Virtual Customer Service berpengaruh terhadap kepuasan nasabah Bank Mega Syariah KCP Jember? (2) Apakah responsiveness berpengaruh terhadap kepuasan nasabah Bank Mega Syariah KCP Jember? (3) Apakah Virtual Customer Service dan responsiveness secara simultan berpengaruh terhadap kepuasan nasabah Bank Mega Syariah KCP Jember?
Tujuan penelitian ini adalah: (1) Untuk menganalisis pengaruh Virtual Customer Service terhadap kepuasan nasabah, (2) Untuk menganalisis pengaruh responsiveness terhadap kepuasan nasabah, dan (3) Untuk mengetahui pengaruh Virtual Customer Service dan responsiveness secara simultan terhadap kepuasan nasabah Bank Mega Syariah KCP Jember.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian eksplanatori. Data diperoleh melalui kuesioner terhadap 50 responden nasabah yang pernah menggunakan layanan VCS minimal tiga kali. Teknik analisis yang digunakan adalah regresi linier berganda dengan bantuan aplikasi SPSS.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Virtual Customer Service berpengaruh signifikan terhadap kepuasan nasabah dengan nilai signifikansi < 0,05, (2) Responsiveness berpengaruh signifikan terhadap kepuasan nasabah dengan nilai signifikansi < 0,05, dan (3) secara simultan, Virtual Customer Service dan responsiveness berpengaruh signifikan terhadap kepuasan nasabah Bank Mega Syariah KCP Jember.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 14 ECONOMICS > 1402 Applied Economics > 140207 Financial Economics
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syari'ah
Depositing User: Ms Savira Alifaen Qowie A Bantani
Date Deposited: 09 Jul 2025 03:46
Last Modified: 09 Jul 2025 03:46
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/47882

Actions (login required)

View Item View Item