Problematika kebijakan linierisasi dan mutasi guru di Kabupaten Jember

Fauzi, Imron (2019) Problematika kebijakan linierisasi dan mutasi guru di Kabupaten Jember. Jurnal TARBIYATUNA, 12 (1). pp. 39-58. ISSN p-ISSN: 2085-6539, e-ISSN: 2242-4579

[img] Text
JURNAL Problematika Kebijakan Linierisasi dan Mutasi Guru di Kab Jember.pdf - Published Version

Download (555kB)

Abstract

Berdasarkan amanat Undang-Undang No. 14 tahun 2005, Permendiknas No. 16 tahun 2007, serta Permendikbud No. 46 Tahun 2016 telah menuntut setiap guru untuk menjadi tenaga profesional yang berkompetensi dan sesuai dengan kualifikasinya, sehingga Pemerintah Kabupaten Jember menetapkan kebijakan untuk memutasi guru. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif berupa studi descriptive dan explorative yang mengungkap fenomena riil yang terjadi di Kabupaten Jember dengan cara wawancara, observasi, serta kajian dokumen berupa informasi valid melalui media cetak dan elektronik. Hasil penelitian ini menemukan bahwa problematika mutasi guru yang dilakukan oleh Pemerintah Kabupaten Jember diantaranya: (1) mutasi guru tidak didasarkan pada kebutuhan sekolah (bezetting); (2) banyak Guru Tidak Tetap (GTT) yang malah dimutasi lebih jauh dari domisilinya; (3) adanya kesenjangan antara proses mutasi guru PNS dengan GTT; (4) sulitnya adaptasi diantara para guru dengan peserta didik pada tempat mutasi barunya; (5) realisasi pemberian Surat Penugasan (SP) GTT tidak terlaksana sesuai dengan rencana awal; dan (6) adanya kesalahan data mutasi guru dan penentuan tugas mengajar. Oleh karena itu, Pemerintah Kabupaten Jember hendaknya melakukan pemetaan ulang berdasarkan analisis kebutuhan sekolah; melibatkan para guru dalam setiap pengambilan kebijakan yang dilakukan; melakukan sosialisasi persuasif sebelum kebijakan diimplementasikan; dan memberdayakan unit-unit di bawah Bupati sesuai dengan tugas dan fungsinya.

Item Type: Journal Article
Uncontrolled Keywords: Implementasi Kebijakan, Linierisasi, Mutasi Guru
Subjects: 13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130313 Teacher Education and Professional Development of Educators
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Imron Fauzi
Date Deposited: 26 Aug 2019 06:24
Last Modified: 11 Sep 2019 05:22
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/479

Actions (login required)

View Item View Item