Sa'diyah, Halimatus (2025) Analisis Akad Mudharabah Pengelola Wisata Dan Jasa Parkir Perspektif Hukum Ekonomi Syariah Dan Hukum Perlindungan Konsumen (Study Kasus di Wisata Kawah Ijen Banyuwangi). Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.
![]() |
Text
SKRIPSI LINA WM.pdf Download (3MB) |
Abstract
Halimatus Sa’diyah, 2025 : Analisis Akad Mudharabah Pengelola Wisata Dan Jasa Parkir Perspektif Hukum Ekonomi Syariah Dan Hukum Perlindungan Konsumen (Studi Kasus di Wisata Kawah Ijen Banyuwangi)
Kata Kunci : Akad Mudharabah, Hukum Ekonomi Syariah, Hukum Perlindungan Konsumen.
Mudharabah adalah suatu akad atau perjanjian antara dua orang atau lebih, dimana pihak pertama memberikan modal usaha. Sedangkan pihak lain menyediakan tenaga dan keahlian dengan ketentuan bahwa keuntungan dibagi sesuai dengan kesepakatan bersama. Dilihat dari perspektif bisnis, Hukum Ekonomi Syariah, yang seharusnya memperhatikan tidak hanya kepentingan pelaku usaha, tetapi juga dampaknya terhadap konsumen. Upaya untuk mencapai hasil pengelolaan lahan parkir ini sangat diminati oleh warga setempat karena demografi mereka yang dinamis dan ingin membangun dan mensejahterakan masyarakat Dalam konteks ini, parkir bisa dianggap sebagai salah satu kebutuhan yang berperan penting dan bisa memengaruhi sistem transportasi secara keseluruhan. Dengan demikian praktek tersebut perlu ditinjau dari perspektif hukum ekonomi syariah dan hukum perlindungan konsumen.
Fokus masalah yang diteliti dalam penelitian ini yaitu : 1) Bagaimana pelaksanaan Akad Mudharabah antara pengelola wisata dan jasa parkir perspektif Hukum Ekonomi Syariah di Wisata Kawah Ijen Banyuwangi, 2) Bagaimana tanggung jawab jasa parkir menurut Hukum Perlindungan Konsumen untuk menjamin keamanan pada kendaraan para pengunjung?.
Tujuan penelitian yang diteliti dalam penelitian ini yaitu: 1) Untuk mengetahui pelaksanaan Akad Mudharabah antara pengelola wisata dan jasa parkir perspektif Hukum Ekonomi Syariah di wisata Kawah Ijen Banyuwangi, 2) Untuk mengetahui kejelasan tentang tanggung jawab jasa parkir menurut Hukum Perlindungan Konsumen untuk menjamin keamanan pada kendaraan para pengunjung di Wisata Kawah Ijen Banyuwangi.
Metode Penelitian ini menggunakan penelitian yuridis empiris, jadi peneliti harus turun ke lapangan untuk mendapatkan data tersebut. Dan teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Dengan teknis analisis data. Lokasi dalam penelitian ini di lakukan di Kawasan Wisata Kawah Ijen Banyuwangi.
Kesimpulan dalam penelitian adalah : 1) Dalam pelaksanaan Akad Mudharabah antara pengelola wisata dan jasa parkir perspektif Hukum Ekonomi Syariah di Wisata Kawah Ijen Banyuwangi pengelola wisata sudah melakukan perjanjian Akad Mudharabah serta jasa parkir sudah melakukan perjanjian kerjasama, 2) Tanggung jawab petugas jasa parkir Hukum Perlindungan Konsumen untuk menjamin keamanan pada kendaraan para pengunjung. Sudah sesuai dalam Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 8 tahun 1999 tentang perlindungan konsumen, menurut jasa parkir sudah memasang papan peringatan dan informasi serta jasa parkir sudah melakukan patroli keamanan secara rutin.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | 18 LAW AND LEGAL STUDIES > 1801 Law > 180119 Law and Society |
Depositing User: | Halimatus Sa’diyah |
Date Deposited: | 09 Jul 2025 06:50 |
Last Modified: | 09 Jul 2025 06:50 |
URI: | http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/47916 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |