Perubahan Pola Konsumsi Melalui Aplikasi Tiktok Shop Pada Generasi Z Di Universitas Agama Islam Al-Falah Assunniyah Kencong Kabupaten Jember

Abdul Rizal, Alwi (2025) Perubahan Pola Konsumsi Melalui Aplikasi Tiktok Shop Pada Generasi Z Di Universitas Agama Islam Al-Falah Assunniyah Kencong Kabupaten Jember. Undergraduate thesis, UIN KH Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Alwi_ skripsi watermark.pdf

Download (1MB)

Abstract

Alwi Abdul Rizal, 2024: Perubahan Pola Konsumsi Melalui Aplikasi Tiktok
Shop Pada Generasi Z Di Universitas Agama Islam Al-Falah Assunniyah
Kencong Kabupaten Jember
Kata kunci: Pola konsumsi, Tiktok Shop, Generasi z
Tiktok Shop memberikan banyak tawaran dari mulai diskon, harga yang
lebih murah, hingga gratis ongkir, membuatnya tidak kalah bersaing dengan ecommerce atau marketplace lain. Hal tersebut membuat belanja online di Tiktok
Shop semakin banyak diminati oleh masyarakat. Berbelanja online bukan lagi
karna kebutuhan tetapi besarnya keinginan membeli barang yang mungkin sedang
diskon ataupun hanya sekedar membeli karna kemudahan bertransaksi tanpa
memperdulikan manfaat barang tersebut, mengakibatkan perilaku konsumtif
terjadi dikalangan mahasiswa. Pengendalian diri diperlukan untuk menekan
perilaku konsumtif terjadi agar tidak berlebihan dalam melakukan belanja online.
Fokus penelitian ini adalah : Bagaimana perubahan perilaku konsumen
dalam melalui aplikasi tiktok shop pada generasi Z di Universitas Islam
Assuniyah Al-falah Kencong ?
Tujuan Penelitian ini adalah : Untuk mengetahui perubahan perilaku
konsumen melalui aplikasi tiktok shop pada generasi Z di Universitas Agama
Islam Al-falah Assuniyah Kencong.
Penelitian ini menggunakan metode penelitian Kualitatif dengan jenis
penelitian studi kasus, dengan menganalisis pengendalian perilaku konsumtif pada
mahasiswa di Universitas Islam Al-falah Assuniyah Kencong. Adapun teknik
Pengumpulan menggunakan Wawancara, Observasi dan dokumentasi.
Hasil penelitian ini adalah: Perilaku konsumtif belanja online pada
mahasiswa Universitas Agama Islam Al-falah Assuniyah Kencong terjadi karena
gemarnya mahasiswa melakukan transaksi belanja online dengan membeli produk
fashion yang menjadi frekuensi tertinggi pada jenis barang yang dibeli. Selain itu
kemudahan bertransaksi, promosi, video konten yang ada di Tiktok, potongan
harga, harga yang lebih murah, gratis ongkir, serta pengaruh dari teman juga
berpengaruh pada terjadinya perilaku konsumtif belanja online pada mahasiswa.
Perubahan perilaku konsumtif yang timbul dari penggunaan E-Commerce Tiktok
Shop, antara lain menjadikan keuangan semakin menipis, menurunkan keinginan
untuk menabung sehingga seseorang tak memikirkan masa yang akan datang,
menjadikan seseorang egois atau hanya memikirkan diri sendiri serta tidak mau
melihat kehidupan orang lain dikarenakan sibuk dengan memikirkan
keinginannya sendiri.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 14 ECONOMICS > 1401 Economic Theory > 140101 History of Economic Thought
14 ECONOMICS > 1401 Economic Theory > 140102 Macroeconomic Theory
Depositing User: Alwi Abdul Rizal
Date Deposited: 10 Jul 2025 01:21
Last Modified: 10 Jul 2025 01:21
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/48027

Actions (login required)

View Item View Item