Rojab, Ahmad Fatar (2025) IMPLEMENTASI MANAJEMEN MUTU PENDIDIKAN DALAM MENINGKATKAN KUALITAS LAYANAN PENDIDIKAN DI SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN NEGERI 2 JEMBER. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Shiddiq Jember.
![]() |
Text
ahmad fatar rojab_212101030061.pdf Download (5MB) |
Abstract
Ahmad Fatar Rojab, 2025: Implementasi Manajemen Mutu Pendidikan dalam
Meningkatkan Kualitas Pendidikan di Sekolah Menengah Kejuruan Negeri 2
Jember
Kata kunci: manajemen mutu pendidikan, kualitas pendidikan.
Penelitian ini penting dilakukan karena mutu pendidikan merupakan
fondasi kunci bagi pembangunan berkelanjutan, yang tidak hanya membekali
individu dengan pengetahuan dan keterampilan, tetapi juga mendorong inovasi,
pemerataan sosial, dan pembentukan karakter. penelitian ini akan memberikan
gambaran konkret tentang strategi perencanaan, pengendalian, dan perbaikan
mutu pendidikan sesuai standar nasional dan prinsip Islam yang menekankan
keseimbangan dunia-akhirat serta tanggung jawab sosial. Hasilnya dapat menjadi
model bagi lembaga pendidikan lain dalam mewujudkan sistem penjaminan mutu
yang holistik, akuntabel, dan berkelanjutan.
Fokus penelitian ini yakni: 1) bagamana implementasi manajemen mutu
pendidikan dalam upaya meningkatkan kualitas layanan pendidikan 2) faktor apa
saja yang mempengaruhi manajemen mutu pndidikan sebagai upaya
meningkatkan kualitas pndidikan 1) Mendeskripsikan implementasi manajemen
mutu pendidikan sebagai upaya meningkatkan kualitas layanan pendidikan 2)
Mendeskripsikan faktor yang mempengaruhi manajemen mutu pendidikan sebagai
upaya meningkatkan kualitas layanan pendidikan
Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif dengan jenis penelitian
lapangan (field research). Teknik pengumpulan data menggunakan observasi,
wawancara dan dokumentasi. Mengenai analisis data menggunakan teori dari
Matthew B milles, A.Michael, Huberman, dan Johny Saldana yaitu pengumpulan
data, kondensasi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Keabsahan data
menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik.
Hasil dari penelitian ini yakni, 1) Implementasi manajemen mutu di
SMKN 2 Jember berhasil meningkatkan mutu layanan pendidikan melalui
perencanaan, pengendalian, dan perbaikan berkelanjutan. Kepemimpinan visioner,
partisipasi stakeholder, dan sistem dokumentasi terstruktur menjadi kunci
keberhasilan. Tantangan ke depan adalah mempertahankan konsistensi dan
memperkuat internalisasi budaya mutu. 2 ) Faktor pendukung utama meliputi
komitmen organisasi, kolaborasi dengan industri, dan penerapan continuous
improvement. Meski demikian, perlu peningkatan kapasitas SDM dan optimalisasi
teknologi untuk memastikan keberlanjutan. Dengan langkah strategis ini, SMKN
2 Jember siap menjadi model manajemen mutu pendidikan kejuruan yang unggul.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1503 Business and Management > 150313 Quality Management |
Depositing User: | Ahmad Fatar Rojab |
Date Deposited: | 10 Jul 2025 01:25 |
Last Modified: | 10 Jul 2025 01:25 |
URI: | http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/48033 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |