Gunawan, Sahrul (2025) STRATEGI PEMASARAN PEDAGANG PASAR TRADISIONAL DALAM MENINGKATKAN KEPUASAN KONSUMEN DI PASAR TANJUNG KABUPATEN JEMBER. Undergraduate thesis, UIN KH Achmad Siddiq Jember.
|
Text
SKRIPSI SAHRUL WATERMARK.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (2MB) |
Abstract
Pasar tradisional masih menjadi bagian penting dalam kehidupan ekonomi
di indonesia, meskipun di tengah arus modernisasi dan perkembangan ritel
modern. Namun demikian, tidak sedikit pasar tradisional yang mengalami
penurunan aktivitas hingga berujung tutup, akibat perubahan pola konsumsi
masyarakat. Berbeda halnya dengan Pasar Tanjung di Kabupaten Jember yang
justru mampu mempertahankan eksistensinya serta menunjukkan aktivitas
perdagangan yang dinamis.
Fokus penelitian ini adalah bagaimana strategi pemasaran yang diterapkan
oleh pedagang pasar tradisional dalam meningkatkan kepuasan konsumen di Pasar
Tanjung Kabupaten Jember.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif deskriptif.
Teknik pengumpulan data dilakukan melalui wawancara, observasi, dan
dokumentasi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi pemasaran yang digunakan
mencakup empat aspek utama dalam bauran pemasaran, yaitu produk, harga,
promosi, dan distribusi. Pedagang menyediakan produk yang segar dan
berkualitas untuk memenuhi kebutuhan konsumen. Penetapan harga dilakukan
secara wajar melalui sistem tawar-menawar yang menjadi karakteristik khas pasar
tradisional. Promosi dilakukan secara langsung melalui pendekatan verbal dan
interaksi personal yang ramah dengan pembeli. Distribusi dilakukan secara
langsung di lokasi pasar, memudahkan konsumen dalam mengakses barang yang
dibutuhkan. Selain faktor kualitas produk dan harga, sikap ramah pedagang juga
menjadi faktor penting dalam menciptakan kepuasan konsumen. Temuan ini
menunjukkan bahwa strategi yang diterapkan bersifat sederhana namun efektif
| Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
|---|---|
| Subjects: | 14 ECONOMICS > 1402 Applied Economics > 140207 Financial Economics |
| Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah |
| Depositing User: | Sahrul Gunawan |
| Date Deposited: | 10 Jul 2025 06:43 |
| Last Modified: | 10 Jul 2025 06:43 |
| URI: | http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/48097 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
