Fauzi, Imron (2016) Strategi kepala sekolah dalam pengembangan kompetensi guru di SMK Al-Qodiri 1 Jember. Project Report. LP2M IAIN Jember. (Unpublished)
|
Text
[1] HALAMAN JUDUL.pdf Download (277kB) | Preview |
|
|
Text
[2] BAB I (Pendahuluan).pdf Download (187kB) | Preview |
|
|
Text
[3] BAB II (Kajian Kepustakaan).pdf Download (181kB) | Preview |
|
|
Text
[4] BAB III (Metode Penelitian).pdf Download (98kB) | Preview |
|
|
Text
[5] BAB IV (Hasil Penelitian).pdf Download (157kB) | Preview |
|
|
Text
[6] BAB V (Penutup).pdf Download (10kB) | Preview |
|
|
Text
[7] DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (85kB) | Preview |
Abstract
Kompetensi guru adalah kemampuan atau kualitas guru dalam mengajar. Kesadaran akan kompetensi juga menuntut tanggung jawab yang berat bagi para guru itu sendiri. Berdasarkan observasi awal, Kepala Sekolah SMK Al-Qodiri 1 Jember telah memberikan motivasi dan mengikutsertakan para guru pada kegiatan pembinaan, yaitu: belajar mandiri di rumah, belajar di perpustakaan, membentuk persatuan pendidik sebidang studi, mengikuti pertemuan ilmiah, mengikuti pertemuan organisasi profesi, dan sebagainya. Oleh karena itu, maka dapat diajukan penelitian tentang: “Strategi Kepala Sekolah dalam Pengembangan Kompetensi Guru di SMK Al-Qodiri 1 Jember.” Fokus penelitian ini yaitu: Bagaimana Strategi Kepala Sekolah dalam Pengembangan kompetensi guru di SMK Al-Qodiri 1 Jember? Yang meliputi: pengembangan kompetensi paedagogik, kompetensi profesional, kompetensi kepribadian, dan kompetensi sosial. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan pendekatan kualitatif, yaitu jenis kualitatif deskriptif. Lokasi penelitian ini di SMK Al-Qodiri 1 Jember. Penentuan informan menggunakan: teknik purposive sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan: observasi, wawancara, dan dokumentasi. Adapun analisis data menggunakan: data reduction, data display, dan verification. Sedangkan keabsahan data menggunakan teknik triangulasi sumber. Adapun hasil penelitian ini yaitu: (1) Strategi Kepala SMK Al-Qodiri 1 Jember dalam meningkatkan kompetensi paedagogik guru antara lain: melakukan supervisi pada saat guru melakukan pembelajaran, mendukung ide-ide yang dimiliki guru khususnya terkait dengan pembelajaran, mengadakan penilaian terhadap tugas dan administrasi guru; (2) Strategi Kepala SMK Al-Qodiri 1 Jember dalam meningkatkan kompetensi profesional guru antara lain: mengikutkan guru dalam penataran atau pelatihan, mengadakan rapat bersama, mengawasi tugas guru, serta menekankan kedisiplinan; (3) Strategi Kepala SMK Al-Qodiri 1 Jember dalam meningkatkan kompetensi kepribadian guru antara lain: mengikutkan pengajian-pengajian, diskusi-diskusi, serta menyediakan buku-buku pengembangan kepribadian; dan (4) Strategi Kepala SMK Al-Qodiri 1 Jember dalam meningkatkan kompetensi sosial guru antara lain: mewajibkan semua guru untuk bekerjasama antar guru, guru dengan orang tua, dan guru dengan siswa. Selain itu, melibatkan guru dalam setiap kegiatan kemasyarakatan.
Item Type: | Monograph (Project Report) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Strategi Kepala Sekolah, Kompetensi Guru |
Subjects: | 13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130304 Educational Administration, Management and Leadership 13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130313 Teacher Education and Professional Development of Educators |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam |
Depositing User: | Imron Fauzi |
Date Deposited: | 26 Aug 2019 06:27 |
Last Modified: | 11 Sep 2019 05:25 |
URI: | http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/481 |
Actions (login required)
View Item |