PEMANFAATAN TAMBANG MACAPAT SEBAGAI SUMBER BELAJAR MATA PELAJARAN ILMU PENGETAHUAN SOSIAL (IPS) PADA SISWA KELAS VII DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA DARUL HIKMAH JEMBER

Jayanti, Maulida Fitri (2025) PEMANFAATAN TAMBANG MACAPAT SEBAGAI SUMBER BELAJAR MATA PELAJARAN ILMU PENGETAHUAN SOSIAL (IPS) PADA SISWA KELAS VII DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA DARUL HIKMAH JEMBER. Undergraduate thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI KIAI HAJI ACHMAD SIDDIQ JEMBER.

[img] Text
SKRIPSI_SIDANG_REVISI DAVI FIKS.pdf

Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK
Maulida Fitri Jayanti, 2025 : “Pemanfaatan Tembang Macapat Sebagai Sumber Belajar Mata Pelajaran IPS Kelas VII Di Sekolah Menengah Pertama Darul Hikmah Jember”.
Kata Kunci : Tembang Macapat, Sumber Belajar, Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS).
Tembang, atau dalam bahasa kramanya disebut sekar, adalah salah satu bentuk karya sastra tradisional masyarakat Madura yang biasa dikenal sebagai puisi Madura atau disebut juga mamaca. Tembang ini biasanya dibawakan dengan cara dilagukan menggunakan tangga nada slendro dan diawali dengan prolog. Tembang macapat Madura merupakan salah satu bentuk tembang tradisional yang isinya berupa puisi berbahasa Madura. Menurut Poerbatjaraka, tembang macapat mulai muncul pada masa Kerajaan Demak dan kemudian berkembang di masa Pajang, Mataram, hingga Surakarta dan Yogyakarta. Isi tembang macapat menggambarkan perjalanan hidup manusia, mulai dari dalam kandungan hingga meninggal dunia. Setiap tembang mengandung nasihat luhur (pitutur) yang dahulu digunakan oleh para Wali Sanga sebagai media dakwah, serta menjadi sarana mengenalkan makna kehidupan kepada masyarakat, khususnya orang Madura.
Fokus penelitian dalam skripsi ini adalah: 1) bagaimana Bagaimana proses implementasi tembang macapat sebagai sumber belajar mata pelajaran IPS pada siswa kelas VII di SMP Darul Hikmah Jember? 2) Apa saja faktor pendukung dan penghambat yang mendorong implementasi tembang macapat sebagai sumber belajar mata pelajaran IPS siswa kelas VII di SMP Darul Hikmah Jember? 3) Bagaimana dampak implementasi tembang macapat sebagai sumber belajar mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) pada siswa kelas VII di SMP Darul Hikmah Jember?
Tujuan penelitian dalam skripsi ini adalah: 1) Untuk mendeskripsikan proses implementasi penggunaan tembang macapat sebagai sumber belajar mata pelajaran IPS siswa kelas VII di SMP Darul Hikmah Jember. 2) Untuk mendeskripsikan faktor pendukung dan penghambat dalam penerapan tembang macapat sebagai sumber belajar mata pelajaran IPS siswa kelas VII di SMP Darul Hikmah Jember. 3) Untuk mendeskripsikan dampak implementasi tembang macapat sebagai sumber belajar mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) pada siswa kelas VII di SMP Darul Hikmah Jember.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Tekhnik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara semiterstruktur dan dokumentasi. Teknik analisis data penelitian ini menggunakan kondensasi data, penyajian data, penarikan kesimpulan dan verifikasi. Kemudian untuk keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik.
Implementasi tembang macapat sebagai sumber belajar dalam mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) kelas VII di SMP Darul Hikmah Jember terbukti efektif dan bermakna. Integrasi syair-syair tembang dalam proses pembelajaran tidak hanya memperkaya pemahaman siswa terhadap materi sejarah dan budaya, tetapi juga menumbuhkan kedekatan emosional dengan nilai-nilai luhur yang terkandung di dalamnya. Faktor pendukung keberhasilan implementasi ini meliputi peran aktif guru, kolaborasi lintas mata pelajaran, serta dukungan dari orang tua dan masyarakat. Dampak positifnya mencakup peningkatan pemahaman siswa, penguatan karakter melalui nilai moral dalam tembang, serta tumbuhnya kecintaan terhadap budaya lokal. Selain itu, siswa menjadi lebih aktif dan kreatif dalam mengekspresikan diri melalui kegiatan berbasis seni dan bahasa, menjadikan pembelajaran lebih hidup dan kontekstual.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
16 STUDIES IN HUMAN SOCIETY > 1601 Anthropology > 160104 Social and Cultural Anthropology
16 STUDIES IN HUMAN SOCIETY > 1608 Sociology > 160805 Social Change
22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris Ilmu Pengetahuan Sosial
Depositing User: Ms Maulida Fitri Jayanti
Date Deposited: 11 Jul 2025 09:12
Last Modified: 11 Jul 2025 09:12
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/48178

Actions (login required)

View Item View Item