PENGARUH MODEL FLIPPED CLASSROOM MELALUI VIDIO PEMBELAJARAN TERHADAP KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS PADA MATERI KESEBANGUNAN KELAS VII DI SMP ARGOPURO 1 PANTI

wahab, abdul (2025) PENGARUH MODEL FLIPPED CLASSROOM MELALUI VIDIO PEMBELAJARAN TERHADAP KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS PADA MATERI KESEBANGUNAN KELAS VII DI SMP ARGOPURO 1 PANTI. Diploma thesis, UIN KH Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Abdul Wahab_T20197119.pdf

Download (4MB)

Abstract

ABSTRAK
Abdul Wahab, 2025: Pengaruh model Flipped Classroom melalui vidio Pembelajaran terhadap Kemampuan Komunikasi Matematis Pada Materi Kesebangunan Kelas VII di SMP Argopuro 1 Panti.
Kata Kunci: Efektivitas, Flipped Classroom, komunikasi matematis
Perkembangan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi menuntut peningkatan kualitas pendidikan, khususnya dalam matematika yang berperan membangun pola pikir kritis. Namun, matematika sering dianggap sulit karena tidak hanya melibatkan perhitungan, tetapi juga kemampuan komunikasi untuk mengungkapkan ide secara lisan, tertulis, visual, digital, atau simbolik. Model Flipped Classroom dengan video pembelajaran diterapkan sebagai solusi untuk meningkatkan komunikasi matematis siswa, di mana aktivitas belajar di luar kelas (seperti menonton video) dan diskusi di kelas dibalik guna memaksimalkan interaksi dan pemahaman. Penelitian di SMP Argopuro 1 Panti pada materi kesebangunan kelas VII menunjukkan bahwa strategi ini efektif meningkatkan kemampuan siswa dalam mengorganisasi, menyampaikan, dan menganalisis konsep matematis, sekaligus mendorong hasil belajar yang optimal melalui pemanfaatan media digital yang terstruktur.
Rumusan masalah penelitian ini adalah Apakah Model Flipped Classroom Melalui Vidio Pembelajaran berpengaruh terhadap kemampuan matematis pada materi kesebangunan Kelas VII di SMP Argopuro 1 Panti?.
Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui Keefektifan Model Flipped Classroom melalui vidio pembelajaran berpengaruh terhadap kemampuan komunikasi matematis pada materi kesebangunan Kelas VII di SMP Argopuro 1 Panti.
Penelitian ini merupakan Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif atau yang sering disebut sebagai pendekatan kuantitatif dilakukan terhadap dua group kontrol dan ekspeiment melalui posttest sedangkan penelitian kualitatif berupa data deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu, observasi, tes, wawancara, dan dokumentasi.
Adapun hasil dari penelitian ini bahwa Penelitian menunjukkan bahwa model Flipped Classroom melalui video pembelajaran secara signifikan meningkatkan kemampuan komunikasi matematis siswa kelas VII pada materi kesebangunan di SMP Argopuro 1 Panti. Hasil uji statistik berpasangan (pretest-posttest) mencatat nilai T+ maksimal (55) untuk 10 sampel, dengan signifikansi nilai-p < 0,05, membuktikan peningkatan bermakna pada semua siswa. Kelas eksperimen yang menggunakan Flipped Classroom menunjukkan rata-rata pencapaian lebih tinggi dibanding kelas kontrol, terutama pada kategori kemampuan sedang dan tinggi, dengan peningkatan dalam indikator seperti menjelaskan konsep, menyampaikan ide, dan visualisasi. Dengan demikian, metode ini efektif dalam mengoptimalkan komunikasi matematis siswa.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130105 Primary Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: Abdul Wahab
Date Deposited: 14 Jul 2025 03:22
Last Modified: 14 Jul 2025 03:22
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/48297

Actions (login required)

View Item View Item