Samantha, A. Sastra (2025) PEMBELAJARAN PAI DALAM MENUMBUHKAN SIKAP SPIRITUAL DAN SOSIAL BERBASIS KURIKULUM MERDEKA BELAJAR DI SMK SHOFA MARWA JEMBER. Masters thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq.
![]() |
Text
Tesis Final _ Samantha.pdf Restricted to Registered users only Download (6MB) | Request a copy |
Abstract
ABSTRAK
A. Sastra Samantha, 2025. Pembelajaran PAI Dalam Menumbuhkan Sikap
Spiritual dan Sosial Berbasis Kurikulum Merdeka Belajar di SMK Shofa Marwa
Jember. Tesis. Program Studi Pendidikan Agama Islam Pascasarjana
Universitas Islam Negeri Kiai Achmad Siddiq Jember.
Abstra
Pembimbing I: Prof. Dr. H. Mashudi, M.Pd. Pembimbing II: Dr. H. Saihan,
S.Ag., M.Pd.I.
Kata Kunci : Pembelajaran PAI, Kurikulum Merdeka, Sikap Spiritual dan Sosial.
Pembelajaran PAI berbasis kurikulum merdeka dirancang untuk memberikan
flesibilitas kepada pendidik dalam menciptakan proses belajar yang kontekstual,
relevan, dan berpusat pada peserta didik dengan tetap berfokus pada penguatan iman,
akhlak mulia dan karakter profil pelajar pancasila dalam menumbuhkan sikap spiritual
dan sosial siswa.
Fokus penelitian ini terdiri dari 1) Bagaimana model pembelajaran PAI berbasis
kurikulum merdeka dalam menumbuhkan sikap spiritual dan sikap sosial di SMK Shofa
Marwa Jember. 2) Bagaimana strategi pembelajaran PAI menumbuhkan sikap spiritual
dan sikap sosial dalam pembelajaran berbasis kurikulum merdeka di SMK Shofa Marwa
Jember.
Pendekatan penelitian menggunakan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus.
Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi.
Analisis data menggunakan deskriptif kualitatif, dengan model interaktif Miles dan
Huberman meliputi: data collection, data display, data condensation, dan conclusion.
Keabsahan data menggunakan triangulasi sumber, triangulasi metode, dan triangulasi
teori.
Hasil penelitian yang didapatkan meliputi, 1) Pembelajaran PAI berbasis
kurikulum merdeka dengan menggunakan model pembelajaran PjBL dapat
menumbuhkan sikap spiritual dan sosial di SMK Shofa Marwa Jember dikarenakan
siswa sangat antusias dengan kegiatan outdor yang tidak hanya mendengarkan ceramah
di dalam kelas. 2) Strategi pembelajaran PAI melalui pendekatan relasional dan
humanistik dengan dasar kurikulum merdeka lebih memudahkan siswa dan guru dalam
berinteraksi dan menghasilkan suasana kelas yang hidup.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130202 Curriculum and Pedagogy Theory and Development 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130211 Religion Curriculum and Pedagogy |
Depositing User: | a sastra samantha |
Date Deposited: | 14 Jul 2025 09:01 |
Last Modified: | 14 Jul 2025 09:01 |
URI: | http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/48383 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |