Ainul Yaqin, Ahmad (2025) Pembelajaran Kitab Bulughul Maram Dalam Pembinaan Fiqih Santri KMI Putra Kelas V Pondok Pesantren Al-Islah Grujugan Bondowoso. Undergraduate thesis, UIN Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.
![]() |
Text
Skripsi Ahmad Ainul Yaqin.pdf Download (23MB) |
Abstract
Ahmad Ainul Yaqin, 2025: “Pembelajaran Kitab Bulughul Maram Dalam Pembinaan Fiqih Santri KMI Putra Kelas V Pondok Pesantren Al-Islah Grujugan Bondowoso”.
Kata Kunci: Pembelajaran, Kitab Bulughul Maram, Pembinaan Fiqih
Pondok pesantren berperan penting dalam membentuk karakter dan pemahaman keagamaan santri, serta menyebarkan ajaran Islam. Salah satu materi utama yang diajarkan adalah fiqih, yang dipelajari melalui kitab klasik seperti Bulughul Maram. Pembelajaran kitab Bulughul Maram di Pondok Pesantren Al-Islah Grujugan Bondowoso berperan penting dalam memperkuat pemahaman fiqih santri, khususnya dalam hukum ibadah dan muamalah. Metode pembelajaran yang diterapkan terbukti berpengaruh signifikan terhadap efektivitas pembinaan fiqih santri putra KMI Al-Islah Grujugan Bondowoso.
Fokus penelitian yang dilakukan peneliti dalam skripsi ini adalah: 1) Bagaimana perencanaan pembelajaran Kitab Bulughul Maram dalam pembinaan fiqih santri putra KMI kelas V di Pondok Pesantren Al-Islah Grujugan Bondowoso? 2) Bagaimana pelaksanaan pembelajaran Kitab Bulughul Maram dalam pembinaan fiqih santri putra KMI kelas V di Pondok Pesantren Al-Islah Grujugan Bondowoso? 3) Bagaimana Evaluasi pembelajaran Kitab Bulughul Maram dalam pembinaan fiqih santri putra KMI kelas V di Pondok Pesantren Al-Islah Grujugan Bondowoso?
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: 1) Perencanaan pembelajaran Kitab Bulughul Maram dalam pembinaan fiqih santri putra KMI kelas V di Pondok Pesantren Al-Islah Grujugan Bondowoso, 2) Pelaksanaan pembelajaran Kitab Bulughul Maram dalam pembinaan fiqih santri putra KMI kelas V di Pondok Pesantren Al-Islah Grujugan Bondowoso, dan 3) Evaluasi pembelajaran Kitab Bulughul Maram dalam pembinaan fiqih santri putra KMI kelas V di Pondok Pesantren Al-Islah Grujugan Bondowoso.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif dengan jenis pendekatan penelitian kualitatif deskriptif, dengan teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu: Reduksi Data, Penyajian Data, dan Penarikan Kesimpulan. Kemudian, Keabsahan Data yang digunakan menggunakan Teknik Triangulasi, dengan perbandingan bersadarkan waktu, sumber dan teknik.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Perencanaan pembelajaran menggunakan silabus yang disesuaikan dengan kurikulum pesantren, yaitu menggunakan I’dad, yang dirancang berdasarkan arahan dari pengasuh dan musyawarah para pengurus serta para pengajar di KMI. 2) Pembelajaran kitab Bulughul Maram ini dilaksanakan dengan membahas fiqih dalam ranah munakahat yang sesuai dengan hadist-hadist yang terdapat dalam kitab. 3) Evaluasi dilakukan sebanyak dua kali dalam satu semester, yakni ujian tengah semester menggunakan soal essai dan ujian akhir semester menggunakan soal essai serta tes lisan. Evaluasi dilakukan untuk mengukur kemampuan santri dalam memahami fiqih melalui pembelajaran kitab Bulughul Maram, dengan hasilnya dicatat dalam rapor sebagai laporan perkembangan belajar.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | 16 STUDIES IN HUMAN SOCIETY > 1603 Demography > 160301 Family and Household Studies |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Ahmad Ainul Yaqin |
Date Deposited: | 15 Jul 2025 06:54 |
Last Modified: | 15 Jul 2025 06:54 |
URI: | http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/48471 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |