Wulandari, Susi (2025) Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Learning Berbantuan Media Educandy Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPS Di Kelas VIII B Mts Negeri 4 Jember Tahun Pelajaran 2023-2024. Undergraduate thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI KIAI HAJI ACHMAD SIDDIQ JEMBER.
![]() |
Text
Susi Wulandari_201101090011.pdf Download (1MB) |
Abstract
Susi Wulandari,2025:Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif learning Berbantuan Media Educandy Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPS Di Kelas VIII B Mts Negeri 4 Jember Tahun Pelajaran 2023-2024.
Kata Kunci : Pengaruh Media Berbasis Educandy ,Model pembelajaran, Hasil belajar
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan model pembelajaran kooperatif learning berbantuan media Educandy terhadap hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) di kelas VIII B MTs Negeri 4 Jember. Latar belakang penelitian ini dilandasi oleh kondisi pembelajaran di kelas yang selama ini masih berupaya meningkatkan hasil belajarnya, dengan pemanfaatan metode ceramah dan media konvensional seperti buku teks dan papan tulis. Kondisi ini berdampak pada hasil belajar siswa yang perlu ditingkatkan. Untuk mencapai tujuan pembelajaran yang lebih optimal, peneliti menerapkan model pembelajaran berbasis digital interaktif melalui platform Educandy guna menciptakan suasana belajar yang lebih menyenangkan,
Rumusan masalah pada penelitian ini adalah : Bagaimana Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif learning Berbantuan Media Educandy Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPS Di Kelas VIII B Mts Negeri 4 Jember Tahun Pelajaran 2023-2024. Tujuan penelitian ini adalah : Mengetahui Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif learning Berbantuan Media Educandy Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPS Di Kelas VIII B Mts Negeri 4 Jember Tahun Pelajaran 2023-2024.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan desain One Group Pretest-Posttest. Subjek penelitian adalah seluruh siswa kelas VIII B yang berjumlah 23 orang. Teknik pengumpulan data meliputi wawancara, observasi, dokumentasi, serta tes hasil belajar berupa pre-test dan post-test. Data dianalisis menggunakan uji statistik deskriptif dan inferensial (Paired Sample t-test) dengan bantuan software SPSS 25.
Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan yang signifikan pada hasil belajar siswa setelah penerapan model pembelajaran Kooperatif learning Berbantuan Media Educandy. Nilai rata-rata post-test lebih tinggi dibandingkan pre-test, dan hasil uji t menunjukkan signifikansi < 0,05. Hasil rata-rata(M) pre-test hasil belajar adalah 29,09, sedangkan hasil rata-rata (M) post-test adalah 79,55. Hal ini menunjukkan bahwa ada perubahan antara hasil belajar pada siswa sebelum dan sesudah dilaksanakannya treatment.Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Kooperatif learning Berbantuan Media Educandy berpengaruh secara signifikan terhadap peningkatan hasil belajar siswa dan layak diterapkan dalam pembelajaran IPS.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130101 Continuing and Community Education 16 STUDIES IN HUMAN SOCIETY > 1607 Social Work > 160701 Clinical Social Work Practice |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris Ilmu Pengetahuan Sosial |
Depositing User: | Mss Susi Wulandari |
Date Deposited: | 16 Jul 2025 07:22 |
Last Modified: | 16 Jul 2025 07:22 |
URI: | http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/48569 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |