Erwan, Mohammad (2025) MANAJEMEN SUMBER DAYA PENDIDIK DALAM MENINGKATKAN MUTU PENDIDIKAN DI PONDOK PESANTREN AT-TAUFIQIYAH SUMENEP. Doctoral thesis, UIN KHAS JEMBER.
![]() |
Text
Disertasi FInal - MOhammad Erwan.pdf Download (7MB) |
Abstract
ABSTRAK
Mohammad Erwan, 2025, Manajemen Pendidik Dalam Meningkatkan Mutu
Pendidikan Di Pondok Pesantren At-Taufiqiyah Sumenep.
Desertasi. Program studi manajemen pendidikan islam pasca
sarjana UIN KHAS Jember. Promotor : Prof. Dr. Moch. Chotib.
S.Ag.,M.M. Co Promotor : Dr. Abdul Mu’is, S.Ag.,M.Si
Kata Kunci : Pendidik, Manajemen, Pendidikan, Pesantren, Mutu
Pesantren sebagai institusi pendidikan Islam tradisional telah lama diakui
sebagai pilar keilmuan dan spiritualitas umat, namun dalam menghadapi
tantangan
abad
ke-21
seperti
globalisasi,
digitalisasi,
dan
tuntutan
profesionalisme, pesantren dihadapkan pada dilema antara mempertahankan
nilai-nilai tradisional dan menyesuaikan diri dengan kebutuhan pendidikan
modern. Salah satu isu krusial yang muncul adalah manajemen pendidik, yang
mencakup perencanaan, rekrutmen, pengembangan, hingga evaluasi tenaga
pengajar, sebagai kunci dalam menjamin mutu pendidikan yang berkelanjutan
dan relevan.
Penelitian ini difokuskan pada empat aspek manajemen pendidik di Pondok
Pesantren At-Taufiqiyah Sumenep: (1) perencanaan pendidik, (2) rekrutmen dan
penempatan, (3) pengembangan, serta (4) evaluasi dan monitoring kinerja
pendidik. Tujuannya adalah untuk menganalisis secara mendalam bagaimana
keempat komponen tersebut berkontribusi terhadap peningkatan mutu pendidikan
di pesantren, serta bagaimana strategi yang diterapkan dapat menjembatani antara
nilai-nilai tradisional dan tuntutan profesionalisme pendidikan kontemporer.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan desain studi kasus,
untuk memahami secara mendalam praktik manajemen pendidik di lingkungan
pesantren. Teknik analisis data mengikuti model Miles, Huberman, dan Saldana,
yang mencakup proses pengumpulan data, kondensasi data, penyajian data, serta
penarikan kesimpulan dan verifikasi. Data dikumpulkan melalui wawancara
mendalam, observasi partisipatif, dan dokumentasi, guna memperoleh gambaran
holistik tentang sistem manajemen pendidik di Pondok Pesantren At-Taufiqiyah.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa Pondok Pesantren At-Taufiqiyah
menerapkan ―model manajemen pendidik berbasis mutu integratif‖. Model ini
menggabungkan nilai-nilai spiritual pesantren dengan prinsip profesionalisme
modern. Perencanaan dilakukan secara rasional dan mengacu kedua prinsip besar
tersebut. Rekrutmennya dilakukan dengan dua pola yakni internal-eksternal yang
menyeimbangkan aspek standar pemiliharaan nilai dan kompetensi modern.
Pengembangan pendidik dilakukan melalui pembekalan, pelatihan berbasis
kemitraan dan transformasi ritualitas pesantren. Sedangkan evaluasinya juga
didasarkan pada standar internal dan eksternal yang diumuskan sejak awal
perencanaan. Secara keseluruh semua tahapan dilakukan secara berkala dan
integratif. Model ini terbukti adaptif terhadap dinamika zaman sekaligus menjaga
identitas keilmuan dan kultural pesantren.
v
ABSTRACT
Mohammad Erwan, 2025, Educator Management in Improving the Quality
of Education at At-Taufiqiyah Islamic Boarding School, Sumenep.
Dissertation. Islamic Education Management Study Program
Postgraduate Program Universitas Islam Negeri Kiai Haji
Achmad Siddiq Jember. Promotor : Prof. Dr. Moch. Chotib.
S.Ag.,M.M. Co Promotor: Dr. Abdul Mu’is, S.Ag.,M.Si
Keywords: Educators, Management, Education, Pesantren, Quality
Pesantren, as traditional Islamic educational institutions, have long been
recognized as pillars of knowledge and spirituality for the community. However,
in facing the challenges of the 21st century—such as globalization, digitalization,
and the demands for professionalism—pesantren face a dilemma between
maintaining their traditional values and adapting to modern educational needs.
One crucial issue that has emerged is educator management, which includes
planning, recruitment, development, and evaluation of teaching staff as key
elements in ensuring sustainable and relevant educational quality.
This study focused on four aspects of educator management at Pondok
Pesantren At-Taufiqiyah Sumenep: (1) educator planning, (2) recruitment and
placement, (3) development, and (4) evaluation and monitoring of educators'
performance. The aim is to analyze in depth how these four components
contribute to improving the quality of education at the pesantren and how the
implemented strategies bridge the gap between traditional values and the
demands of contemporary educational professionalism.
This study used a qualitative approach with a case study design to gain a
deep understanding of educator management practices within the pesantren
environment. The data analysis technique follows the model of Miles, Huberman,
and Saldana, which includes data collection, data condensation, data display, and
drawing and verifying conclusions. Data were collected through in-depth
interviews, participant observation, and documentation to obtain a holistic picture
of the educator management system at Pondok Pesantren At-Taufiqiyah.
The findings of this study indicated that Pondok Pesantren At-Taufiqiyah
applies an "integrative quality-based educator management model." This model
combines the spiritual values of the pesantren with modern professionalism
principles. Planning is carried out rationally and based on both sets of principles.
Recruitment is conducted through two patterns, internal and external, balancing
the aspects of preserving traditional values and modern competencies. Educator
development is carried out through capacity building, partnership-based training,
and transformation of pesantren rituality. Evaluation is also based on internal and
external standards that are formulated from the outset of planning. Overall, all
stages are carried out periodically and in an integrative manner. This model has
proven to be adaptive to the dynamics of the times while maintaining the
scientific and the pesantren cultural identity.
vi
شحجٌا ضخٍِ
،ناورإ محمد 0202 يملاسلإا تيقيفىخلا دهعم يف ميلعخلا ةدىج هيسحح يف هيملعملا ةرادإ ،
جماورب .تيملاسلإا تبيرخلا ةرادإ مسقب يارىخمدلا تلاسر .بىيمىسب
تيملاسلإا قيدص دمحأ جاحلا يهاينلا تعماجب ايلعلا ثاساردلا
ربمجب تيمىنحلا ( :فارشلاا جحح . 1 ) ذاخسلاا دلا جاحلا رىخم محمد
بيطخ (و ،ريخسجاملا 0 رىخمدلا ) زعملا دبع .ريخسجاملا
تيسيئرلا ثاملنلا : حدٛغٌا ،خٍِلاعلإا طساذٌّا ،ٍٍُؼزٌا ،حسادلإا ،ٍّْٛؼٌّا .
ْإ ذ٘بؼٌّا ،خٌذٍٍمر خٍِلاعإ خٍٍٍّؼر خغعؤِ بٙفطٛث خٍِلاعلإا شجزؼر حذّػأ ذحأو
خِلأٌ خٍٔبحٚشٌاٚ خفشؼٌّا ًٌٛط ِٓص زِٕ يدبحٌا ْشمٌا دبٌذحر خٙعاِٛ ًف ،هٌر غِٚ ،
ٍٓث خٍضؼِ ٌٓشزٔبغٍجٌا ٗعاٛر ،خٍفاشزحلاا دبجٍطزِٚ ،خّٕلشٌاٚ ،خٌّٛؼٌا ًضِ ٌٓششؼٌاٚ
خّعبحٌا بٌبضمٌا ِٓ حذحاٚ .شٌذحٌا ٍٍُؼزٌا دبعبٍزحا غِ فٍىزٌاٚ خٌذٍٍمزٌا ٍُمٌا ىٍػ ظبفحٌا
ٍطخزٌا ًّشر ًزٌاٚ ،ٍٍّٓؼٌّا حسادإ ً٘ صشجر ًزٌا ٍٍُمر ىزحٚ ،شٌٛطزٌاٚ ،فٍظٛزٌاٚ ،ظ
ٚ َاذزغٌّا ٍٍُؼزٌا حدٛع ْبّضٌ ًغٍئس شظٕؼو ،ٍٍّٓؼٌّا .خجعبٌّٕا
ٛ٘ شحجٌا از٘ سٛحِ ٌا وشز ٍ ًف ٍٍّٓؼٌّا حسادإ ِٓ تٔاٛع خؼثسأ ىٍػ ض ذٙؼِ خٍمٍفٛزٌأ
ًِلاعلإا ( :تِٕٛع 1 ،ٍٍّٓؼٌّا ظٍطخر ) ٚ ( 2 ،ٍٍٓؼزٌاٚ فٍظٛزٌا ) ٚ ( 3 ٚ ،خٍّٕزٌا ) ٚ ( 4 )
ٍمر ىٌإ شحجٌا از٘ فذٌٙ .ٍٍّٓؼٌّا ءادأ ذطسٚ ٍُ ٌا ًٍٍحز ٌا ٖز٘ خّ٘بغِ خٍفٍىٌ كٍّؼ شطبٕؼٌا
ًف ٍٍُؼزٌا حدٛع ٍٓغحر ًف خؼثسلأا ًِلاعلإا ذٙؼٌّا دبٍغٍراشزعلاا كٍجطر خٍفٍو هٌزوٚ ،
ْأ ٓىٌّ ًزٌا ًطٛر .شطبؼٌّا ٍٍُؼزٌا ًف خٍفاشزحلاا دبجٍطزِٚ خٌذٍٍمزٌا ٍُمٌا ٍٓث
شحبجٌا َذخزعا ًفٍىٌا ظٌّٕٙا شحجٌا از٘ ًف ،خٌبح خعاسد ٍُّظر غِ ٚ ُٙفٌ خٍفٍو حسادإ
خئٍث ًف ٍٍّٓؼٌّا ًِلاعلإا ذٙؼٌّا .كٍّػ ًىشث خمٌشطٚ دبٔبٍجٌا ًٍٍحر يلاخ ِٓ طرّٛٔ
شٌ يزٌا ،بٔاذٌبعٚ ْبِشٍثٛ٘ٚ ضٌٍبِ ز ًّ ىٍػ ،دبٔبٍجٌا فٍضىرٚ ،دبٔبٍجٌا غّع خٍٍّػ
،دبٔبٍجٌا عشػٚ هٌزوٚ طبزٕزعلاا .بِٕٙ كمحزٌاٚ خمٌشطٚ ٍثبمٌّا يلاخ ِٓ دبٔبٍجٌا غّع خ
خٍظخشٌا ٓػ خٍِبش حسٛط ىٍػ يٛظحٌا فذٙث ،كٍصٛزٌاٚ ،خوسبشٌّا خظحلاٌّاٚ ،خمّؼزٌّا
ًف ٍٍّٓؼٌّا حسادإ َبظٔ ذٙؼِ خٍمٍفٛزٌأ .ًِلاعلإا
:ًٙف شحبجٌا بٍٍٙػ ًظح ًزٌا شحجٌا ظئبزٔ بِأ ْأ ذٙؼِ خٍمٍفٛزٌأ ًِلاعلإا ٌ كجط
رّٛٔ ىٍػ ٍٍّٓؼٌّا حسادإ ط طبعأ خٍحٚشٌا ٍُمٌا ٍٓث طرٌّٕٛا از٘ غّغٌ .خٍِبىزٌّا حدٛغٌا
ذٙؼٌٍّ .خضٌذحٌا خٍفاشزحلاا ئدبجِ غِ ٚ ٍٓئذجٌّا ٌٓز٘ ىٌإ ذٕزغٌٚ ًٔلامػ ًىشث ظٍطخزٌا
.ٌٓشٍجىٌا ٚ ىٍػ ظبفحٌا تٔاٛع ٍٓث ْصاٌٛ بِّ ،ًعسبخٌاٚ ًٍخاذٌا بّ٘ ٍٓطّٕث فٍظٛزٌا
داءبفىٌاٚ ٍُمٌا .خضٌذحٌا بِأ خٍٍٍّؼزٌا سداٛىٌا شٌٛطر ف تٌسذزٌاٚ ًٍ٘أزٌا ظِاشث يلاخ ّٓ
خعسذٌٍّ خٍٍٍّؼزٌا خئٍجٌا ًف خٌذٍٍمزٌا طٛمطٌا ًٌٛحر ٓػ لاضف ،خواششٌا طبعأ ىٍػ خٍٕجٌّا
خٍعسبخٚ خٍٍخاد شٌٍبؼِ ىٍػ ذّزؼزف ٍٍُمزٌا خٍٍّػ بِأ .حشطبؼِ خٌٛثشر دبٌٍآ ىٌإ خٌٍٕذٌا
حاشٌّا زِٕ ذؼضٚ .ظٍطخزٌا ِٓ ىٌٚلأا ً ٚ فٕر ٍ ،ًِبىزِٚ يسٚد ًىشث ًحاشٌّا ٖز٘ غٍّع ز
ًف ظبفحٌا غِ ،شظؼٌا دلاٛحر غِ فٍىزٌٍ لاثبل ٗٔٛو ًف خؼجزٌّا طرٌّٕٛا خؼٍجط ظىؼٌ بِّ
.خٌذٍٍمزٌا خٍٍٍّؼزٌا خغعؤٌّا ضٍّر ًزٌا خٍفبمضٌاٚ خٍٍّؼٌا خٌٌٛٙا ىٍػ ٗرار ذلٌٛا
Item Type: | Thesis (Doctoral) |
---|---|
Subjects: | 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220405 Religion and Society |
Divisions: | Program Doktoral > Manajemen Pendidikan Islam |
Depositing User: | Mohammad Erwan |
Date Deposited: | 17 Jul 2025 04:30 |
Last Modified: | 17 Jul 2025 04:30 |
URI: | http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/48594 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |