Wahyudi, Imam (2025) Model Pembelajaran Berkarakter untuk Mengajarkan Nilai Cinta dalam Qasidah Burdah oleh Guru Mata Pelajaran Keagamaan di Madrasah ALiyah Negeri Bondowoso. Undergraduate thesis, UIN KH Achmad Siddiq Jember.
![]() |
Text
Skripsi Imam Wahyudi - T20181073.pdf Download (3MB) |
Abstract
Imam Wahyudi, 2025:MODEL PEMBELAJARAN BERKARAKTER UNTUK MENGAJARKAN NILAI CINTA DALAM QASIDAH BURDAH OLEH GURU MATA PELAJARAN KEAGAMAAN DI MADRASAH ALIYAH NEGERI BONDOWOSO
Kata Kunci: Kasidah burdah, Berkarakter, Model, Nilai Cinta, Pendidikan Islam
Penelitian ini secara mendalam mengkaji model pembelajaran berkarakter untuk mengajarkan nilai cinta yang termuat dalam Kasidah Burdah oleh guru mata pelajaran keagamaan di lingkungan Madrasah Aliyah Negeri Bondowoso. Latar belakang penelitian ini berangkat dari keyakinan bahwa Kasidah Burdah memiliki potensi besar sebagai sarana efektif untuk mempererat rasa cinta, khususnya kepada Rasulullah SAW, serta sebagai solusi dalam menghadapi berbagai permasalahan zaman modernisasi dan globalisasi yang seringkali membawa pengaruh budaya dan gaya hidup yang bertentangan dengan nilai-nilai Islam. Selain itu, penelitian ini juga menyoroti minimnya pemahaman dan pengamalan ajaran Rasulullah di kalangan generasi muda, yang menjadi faktor penghambat internalisasi nilai-nilai keislaman.
Fokus utama dalam penelitian ini adalah mendeskripsikan secara komprehensif bagaimana model pembelajaran berkarakter untuk mengajarkan nilai cinta yang termuat dalam Kasidah Burdah oleh guru mata pelajaran keagamaan di lingkungan Madrasah Aliyah Negeri Bondowoso. Tujuan ini diwujudkan melalui penggunaan metode penelitian analisis konten terhadap lirik-lirik Kasidah Burdah yang secara eksplisit berkaitan dengan tema cinta. Data yang terkumpul dari analisis ini kemudian diinterpretasikan dan dianalisis secara mendalam menggunakan pendekatan teori model pembelajaran karakter Mulyasa untuk mengidentifikasi elemen-elemen nilai cinta yang terkandung dalam Kasidah Burdah, serta bagaimana pengaruhnya dalam membentuk sikap dan perilaku individu di lingkungan madrasah.
Hasil penelitian ini mengungkapkan bahwa proses model pembelajaran berkarakter untuk mengajarkan nilai cinta melalui Kasidah Burdah melibatkan beberapa tahapan krusial. Tahapan tersebut meliputi: pertama, mengamati sifat-sifat mulia Nabi Muhammad SAW yang digambarkan dalam syair-syair Burdah; kedua, meniru perilaku dan akhlak terpuji beliau; dan ketiga, merasakan manfaat serta dampak positif dari pengamalan nilai-nilai cinta tersebut dalam kehidupan sehari-hari. Dengan menyajikan sosok Nabi Muhammad SAW sebagai teladan utama yang sempurna, proses pembentukan karakter yang kompleks ini difasilitasi secara efektif. Melalui pembiasaan, keteladanan, dan motivasi yang berkelanjutan, nilai cinta dapat ditanamkan secara mendalam dalam diri siswa, mendorong mereka untuk mengaplikasikan nilai-nilai tersebut tidak hanya dalam konteks ibadah, tetapi juga dalam interaksi sosial dan kehidupan bermasyarakat.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Imam Wahyudi |
Date Deposited: | 22 Jul 2025 02:03 |
Last Modified: | 22 Jul 2025 02:03 |
URI: | http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/48646 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |