Pengaruh Kualitas Produk Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan Pada Cafe Omah Ebes Di Jombang

Nur haqiqi, Mia (2025) Pengaruh Kualitas Produk Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan Pada Cafe Omah Ebes Di Jombang. Undergraduate thesis, UIN KH Achmad Shiddiq Jember.

[img] Text
MIA NUR HAQIQI NIM E20182215.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK

Mia Nur Haqiqi, Dr. H. M.F. Hidayatullah, S.H.I, M.S.I., 2025: Pengaruh
Kualitas Produk dan Kualitas Pelayanan terhadap Kepuasan Pelanggan pada
Cafe Omah Ebes di Jombang.
Kata kunci: kualitas produk, kualitas pelayanan, kepuasan pelanggan, Cafe
Omah Ebes.
Kepuasan pelanggan merupakan salah satu indikator utama keberhasilan
suatu usaha di bidang kuliner, termasuk kafe. Dalam upaya mempertahankan dan
menarik pelanggan, kualitas produk dan pelayanan menjadi faktor penting yang
harus diperhatikan oleh pelaku usaha. Cafe Omah Ebes sebagai salah satu pelaku
usaha kuliner di Jombang berupaya untuk terus meningkatkan kualitas produk dan
pelayanannya guna mencapai kepuasan pelanggan.
Fokus penelitian dalam skripsi ini adalah: 1) Bagaimana pengaruh
kualitas produk terhadap kepuasan pelanggan di Cafe Omah Ebes. 2) Bagaimana
pengaruh kualitas pelayanan terhadap kepuasan pelanggan di Cafe Omah Ebes. 3)
Sejauh mana pengaruh kualitas produk dan kualitas pelayanan secara simultan
terhadap kepuasan pelanggan.
Tujuan penelitian ini adalah: 1) Untuk mengetahui pengaruh kualitas
produk terhadap kepuasan pelanggan. 2) Untuk mengetahui pengaruh kualitas
pelayanan terhadap kepuasan pelanggan. 3) Untuk mengetahui pengaruh kualitas
produk dan kualitas pelayanan secara simultan terhadap kepuasan pelanggan pada
Cafe Omah Ebes di Jombang.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode survei.
Teknik pengumpulan data dilakukan melalui penyebaran kuesioner kepada 100
responden yang merupakan pelanggan Cafe Omah Ebes. Analisis data dilakukan
menggunakan regresi linear berganda untuk mengetahui hubungan dan pengaruh
antara variabel-variabel yang diteliti.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa baik kualitas produk maupun
kualitas pelayanan memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan
pelanggan, baik secara parsial maupun simultan. Hal ini menunjukkan bahwa
semakin baik kualitas produk dan pelayanan yang diberikan, maka tingkat
kepuasan pelanggan juga akan meningkat. Oleh karena itu, peningkatan kualitas
produk dan pelayanan harus menjadi strategi utama dalam upaya meningkatkan
loyalitas pelanggan.
Kata Kunci : Kualitas Produk. Kualitas Pelayanan. dan Kepuasan Pelanggan

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 14 ECONOMICS > 1401 Economic Theory > 140101 History of Economic Thought
15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1505 Marketing > 150501 Consumer-Oriented Product or Service Development
15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1505 Marketing > 150504 Marketing Measurement
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Ms Mia Nur Haqiqi
Date Deposited: 06 Aug 2025 01:42
Last Modified: 06 Aug 2025 01:42
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/48717

Actions (login required)

View Item View Item