qomariyah, siti (2025) PENERAPAN METODE REWARD DAN PUNISHMENT DALAM MENGEMBANGKAN SOSIAL EMOSIONAL AUD DI PAUD MUTIARA KASIH TA 2023/2024. Undergraduate thesis, Universitas Kiai Haji Achmad Siddiq.
![]() |
Text
Siti Qomariyah T20195068.pdf Download (3MB) |
Abstract
Siti Qomariyah, 2025: Penerapan Metode Reward Dan Punishment Dalam Mengembangkan Sosial Emosional AUD Di Paud Mutiara Kasih TA 2023/2024.
Kata Kunci : Sosial Emosional, Reward Dan Punishment
Sosial emosional adalah kemampuan berinteraksi dan mengendalikan emosi dengan aturan sosial. Indikator sosial emosional ada tiga yaitu 1) Kesadaran diri, 2) Rasa tanggung jawab, 3) Perilaku prososial. Pada penelitian ini indikator yang dituju yaitu rasa tanggung jawab pada anak kelompok A. Perkembangan sosial emosional pada siswa-siswi kelompok A di Paud Mutiara Kasih ada yang belum berkembang dan mulai berkembang, seperti tidak bersabar menunggu giliran saat mencuci tangan, tidak meminta maaf ketika mendorong teman. Hal ini dapat diminimalisir dengan strategi tersendiri salah satunya dengan penerapan metode reward dan punishment. Reward dan punishment adalah sebuah metode yang bertujuan untuk memperkuat perilaku dan karakter positif pada anak dan menekan karakter negatif.
Fokus penelitian ini meliputi 1) Bagaimana cara mengembangkan sosial emosional melalui metode reward pada anak usia dini di Paud Mutiara Kasih ? 2) Bagaimana cara mengembangkan sosial emosional melalui metode punishment pada anak usia dini di Paud Mutiara Kasih ?
Tujuan penelitian ini adalah 1) Untuk mendeskripsikan bagaimana mengembangkan sosial emosional untuk anak usia dini melalui metode reward pada kelompok A di Paud Mutiara Kasih, 2) Untuk mendeskripsikan bagaimana mengembangkan rasa tanggung jawab pada anak usia dini melalui metode punishment pada kelompok A di Paud Mutiara Kasih.
Penelitian kualitatif ini menggunakan jenis penelitian studi kasus yang berlokasi di PAUD Mutiara Kasih Mangli Jember. Subyek penelitian yang dilakukan oleh peneliti yaitu kepala sekolah, guru kelompok A, dan siswa-siswi kelmpok A di Paud Mutiara Kasih TA 2023/2024. Teknik pengumpulan data yang digunakan oleh peneliti yaitu observasi partisipan, wawancara tersuktur, dan dokumentasi. Analisis data menngunakan teori Miles, Huberman dalam Saldana yaitu 1) kondensasi data 2) penyajian data dan 3) penarika kesimpulan. Keabsahan data yang dipakai yaitu trianggulasi sumber dan trianggulasi teknik.
Hasil penelitian ini adalah 1) Sosial emosional b anak melalui metode reward dengan memberikan pujian, acungan jempol, cap bintang, dan juga hadiah pada kelompok A menjadi kategori berkembang sesuai harapan, 2) Sosial emosional melalui metode punishment dengan memberikan punishment seperti teguran, isyarat mata atau tangan, memindahkan posisi duduk, dan punishment berdoa pada kelompok A menjadi kategori berkembang sesuai harapan.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130102 Early Childhood Education |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Islam Anak Usia Dini |
Depositing User: | siti qomariyah |
Date Deposited: | 13 Aug 2025 03:28 |
Last Modified: | 13 Aug 2025 03:28 |
URI: | http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/48734 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |