Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Menggunakan Adobe Flash Pada Materi Getaran dan Gelombang Untuk SMP

M. Robithul Haq, - (2021) Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Menggunakan Adobe Flash Pada Materi Getaran dan Gelombang Untuk SMP. Undergraduate thesis, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Program Studi Ilmu Pengetahuan Alam.

[img] Text
M. Robithul Haq_T201610007.pdf

Download (5MB)

Abstract

M. Robithul Haq, 2020: Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Menggunakan Adobe Flash Pada Materi Getaran dan Gelombang Untuk SMP Kata Kunci: Media pembelajaran interaktif, Adobe Flash, Getaran dan Gelombang Berdasarkan tinjauan berbagai penelitian terdahulu, minat peserta didik pada mata pelajaran IPA tergolong rendah, terutama pada objek kajian fisika yang dianggap terlalu banyak teori dan rumus. Solusi dari masalah tersebut adalah dengan mengembangkan sebuah media pembelajaran interaktif yang sesuai dan menarik minat peserta didik dan dapat meningkatkan motivasi peserta didik dalam proses belajar mengajar pada materi-materi dalam mata pelajaran IPA khususnya materi fisika. Rumusan masalah yang diteliti dalam skripsi ini adalah: 1) Bagaimana validitas pengembangan media pembelajaran interaktif menggunakan Adobe Flash pada materi getaran dan gelombang untuk SMP? 2) Bagaimana respons peserta didik terhadap pengembangan media pembelajaran interaktif menggunakan Adobe Flash pada materi getaran dan gelombang untuk SMP? Tujuan penelitian ini adalah: 1) Mengetahui validitas media pembelajaran interaktif menggunakan Adobe Flash pada materi getaran dan gelombang untuk SMP 2) Mengetahui respons peserta didik terhadap pengembangan media pembelajaran interaktif menggunakan Adobe Flash pada materi getaran dan gelombang untuk SMP. Penulis menggunakan penelitian dengan jenis penelitian dan pengembangan (Research and Development) dan dengan mengusung model pengembangan 4-D yang dipopulerkan oleh Thiagarajan yang memiliki 4 tahap pengembangan, namun dalam penelitian ini, penulis hanya mengaplikasikan 3 tahap penelitian saja yaitu: 1) tahap define atau pendefinisian 2) tahap design atau perancangan 3) tahap development atau pengembangan karena sesuai dengan analisis kebutuhan dan tujuan dari penelitian ini. Penelitian ini menghasilkan: 1) produk media pembelajaran interaktif menggunakan Adobe Flash yang dinyatakan layak melalui proses Research and Development, 2) media pembelajaran interaktif menggunakan Adobe Flash dari ahli materi, ahli media dan guru IPA SMP/MTs memperoleh presentase sebesar 85,6% dan masuk ke dalam kategori sangat valid. Berdasarkan hasil uji coba skala kecil kepada 5 orang peserta didik memperoleh presentase sebesar 91% dan masuk ke dalam kategori sangat menarik. Selanjutnya dari hasil uji coba skala besar yang diujicoba kepada 23 orang peserta didik memperoleh presentase 90% masuk ke dalam kategori sangat menarik. Berdasarkan hasil uji respons dari peserta didik dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran interaktif menggunakan Adobe Flash pada materi Getaran dan Gelombang untuk SMP sangat valid dan menarik sebagai media pembelajaran.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Depositing User: Mr Ifan Ali Mufti
Date Deposited: 24 Mar 2022 02:27
Last Modified: 24 Mar 2022 02:27
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/4882

Actions (login required)

View Item View Item