PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF LEARNING TIPE Student Team Achievement Division (STAD) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI KALOR DAN PERPINDAHANNYA DI KELAS VII MTs MIFTAHUL ULUM PANDANWANGI TEMPEH LUMAJANG

Rohmah, Anisatur (2025) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF LEARNING TIPE Student Team Achievement Division (STAD) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI KALOR DAN PERPINDAHANNYA DI KELAS VII MTs MIFTAHUL ULUM PANDANWANGI TEMPEH LUMAJANG. Undergraduate thesis, UIN KHAS Jember.

[img] Text
ANISATUR ROHMAH_T201810068.pdf

Download (3MB)

Abstract

Anisatur Rohmah, 2025: Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Learning Tipe Student Team Achievement Division (STAD) Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Materi Kalor Dan Perpindahannya Di Kelas VII Mts Miftahul Ulum Pandanwangi Tempeh Lumajang.

Kata Kunci: Kooperatif Learning, Tipe STAD, Hasil Belajar.

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya tingkat hasil belajar IPA siswa di MTs Miftahul Ulum Lumajang. Faktor yang mempengaruhi rendahnya tingkat hasil belajar siswa yaitu proses pembelajaran yang masih berpusat pada guru serta kurangnya variasi model pembelajaran yang diterapkan oleh guru. Salah satu alternatif yang diharapkan dapat menjadi solusi adalah dengan penerapan model pembelajaran yang dapat memberikan kesempatan pada siswa untuk membangun pengetahuannya dan menemukan inovasi mereka sendiri sehingga siswa bisa aktif dalam pembelajaran dan adanya peningkatan pada hasil belajar siswa, yaitu dengan menggunakan model pembelajaran Kooperatif Learning tipe STAD (Student Teams Achievement Division).
Tujuan penelitian yang dilakukan oleh peneliti yaitu: (1) Untuk mendeskripsikan hasil belajar siswa yang menggunakan model pembelajaran Kooperatif Learning tipe STAD dengan siswa yang tidak menggunakan model pembelajaran Kooperatif Learning tipe STAD. (2) Untuk mengetahui pengaruh penerapan model pembelajaran Kooperatif Learning tipe STAD terhadap hasil belajar siswa pada materi kalor dan perpindahannya kelas VII MTs Miftahul Ulum Pandanwangi Tempeh Lumajang.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian Quasi Experiment dengan desain Nonequivalent control group design. Pengambilan sampel dengan menggunakan teknik Purposive Sampling yaitu kelas VII C yang berjumlah 25 siswa sebagai kelas eksperimen dan kelas VII D yang berjumlah 24 siswa sebagai kelas kontrol. Adapun teknik pengumpulan data menggunakan teknik wawancara, observasi, tes, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan untuk menguji hipotesis adalah uji Mann Whitney.
Berdasarkan dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa 1) Hasil belajar siswa pada kelas eksperimen yang menggunakan model pembelajaran kooperatif learning tipe STAD mengalami peningkatan yang lebih tinggi dengan nilai rata-rata dari 40,80 menjadi 74,80. Sedangkan hasil belajar siswa pada kelas kontrol yang tidak menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe STAD relatif lebih kecil dari nilai rata-rata 40,42 menjadi 63,33. 2) Terdapat pengaruh penerapan model Kooperatif Learning tipe STAD terhadap hasil belajar siswa. Hal ini dibuktikan dengan hasil uji Mann Whitney pada posttest diperoleh nilai signifikansi sebesar 0,009 < 0,05 artinya H0 ditolak dan Ha diterima. Yang berarti ada perbedaan hasil posttest antara kelas eksperimen dan kelas kontrol. Sehingga dapat disimpulkan bahwa penerapan model kooperatif learning tipe STAD berpengaruh terhadap hasil belajar siswa pada materi kalor dan perpindahannya di kelas VII MTs Miftahul Ulum Pandanwangi Lumajang.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130212 Science, Technology and Engineering Curriculum and Pedagogy
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris IPA
Depositing User: Anisatur T201810068
Date Deposited: 06 Oct 2025 03:18
Last Modified: 06 Oct 2025 03:18
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/48865

Actions (login required)

View Item View Item