Preferensi Berpikir Mahasiswa Semester 6 Tadris Matematika IAIN Jember dalam Menyelesaikan Masalah Geometri Analitik Datar Berdasarkan Gaya Berpikir : Perbandingan antara Paper Pencil dan GeoGebra.

Nur Zidatin Nuama’, - (2021) Preferensi Berpikir Mahasiswa Semester 6 Tadris Matematika IAIN Jember dalam Menyelesaikan Masalah Geometri Analitik Datar Berdasarkan Gaya Berpikir : Perbandingan antara Paper Pencil dan GeoGebra. Undergraduate thesis, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Program Studi Tadris Matematika.

[img] Text
Nur Zidatin Nuama’_T20167010.pdf

Download (30MB)

Abstract

Nur Zidatin Nuama’, 2020: Preferensi Berpikir Mahasiswa Semester 6 Tadris Matematika IAIN Jember dalam Menyelesaikan Masalah Geometri Analitik Datar Berdasarkan Gaya Berpikir : Perbandingan antara Paper Pencil dan GeoGebra. Kata Kunci: Representasi Matematis, Menyelesaikan Masalah Matematika, Gaya berpikir, Paper Pencil, GeoGebra Representasi dalam pembelajaran matematika mampu meningkatkan daya matematis mahasiswa. Kelancaran merepresentasikan masalah ke dalam bentuk lain merupakan kemampuan dasar yang harus dimiliki dalam pembentukan konsep matematis. Kekuatan konsep yang dibentuk akan mempengaruhi keberhasilan dalam menyelesaikan masalah. Setiap mahasiswa mempunyai gagasan yang unik dalam upaya pencarian solusi penyelesaian masalah yang dapat diekspresikan dalam bentuk visual, simbolik dan verbal. Sehingga representasi yang diberikan kepada mahasiswa akan sangat berpengaruh terhadap pemahaman konsep dalam pembelajaran matematika, maka sangat penting diketahui oleh dosen dan mahasiswa mengenai preferensi representasi matematis dan perannya untuk membantu dalam proses peningkatan daya matematis mahasiswa. Penelitian ini bertujuan: 1) Mendeskripsikan preferensi berpikir mahasiswa dalam menyelesaikan masalah menggunakan paper pencil, 2) Mendeskripsikan preferensi berpikir mahasiswa dalam menyelesaikan masalah menggunakan GeoGebra, 3) Mendeskripsikan perbandingkan preferensi berpikir mahasiswa dalam menyelesaikan masalah menggunakan paper pencil dan GeoGebra. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Adapun teknik pemilihan subjek yang digunakan adalah purposive sampling. Terdapat delapan subjek terpilih yang mewakili empat kelompok gaya berpikir. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu kuesioner, tes, observasi dan wawancara, kemudian data-data yang didapat dianalisis menggunakan model Miles dan Huberman yang terdiri dari empat tahap yaitu pengumpulan data, kondensasi data, penyajian data dan kesimpulan. Uji keabsahan data menggunakan triangulasi teknik. Hasil dari penelitian ini adalah: 1) Preferensi berpikir mahasiswa dalam menyelesaikan masalah dengan metode solusi paper pencil adalah representasi simbolik, kecuali subjek DM dengan gaya berpikir sekuensial abstrak yang preferensinya adalah representasi simbolik dan verbal. 2) Preferensi berpikir mahasiswa dalam menyelesaikan masalah dengan metode solusi GeoGebra adalah representasi visual, kecuali subjek dengan gaya berpikir acak konkret yang preferensinya adalah representasi simbolik. 3) Secara keseluruhan preferensi berpikir mahasiswa ketika menggunakan metode solusi paper pencil adalah representasi simbolik sedangkan ketika menggunakan metode solusi GeoGebra berubah menjadi representasi visual, hal ini terjadi karena program GeoGebra mempunyai fasilitas yang dapat memvisualisasikan konsep matematika dan dapat menghasilkan lukisan geometri secara cepat dan teliti.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Depositing User: Mr Ifan Ali Mufti
Date Deposited: 24 Mar 2022 02:30
Last Modified: 24 Mar 2022 02:30
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/4891

Actions (login required)

View Item View Item