HASANAH, HILYATUL (2025) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS APLIKASI SMART APPS CREATOR UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN IPAS KELAS IV MIN 3 JEMBER. Undergraduate thesis, UIN Khas Jember.
|
Text
REVISI SK SKRIPSI HILYATUL HASANAH 222101040013.pdf Download (10MB) |
Abstract
ABSTRAK
Hilyatul Hasanah, 2025 : Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Aplikasi
Smart Apps Creator untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik pada Mata
Pelajaran IPAS Kelas IV MIN 3 Jember
Kata Kunci : Media Pembelajaran, Smart Apps Creator, IPAS
Pemilihan media pembelajaran perlu mempertimbangkan perkembangan
zaman dan karakteristik peserta didik agar proses belajar dapat berlangsung secara
efektif. Akan tetapi, berdasarkan hasil observasi dan wawancara, ditemukan bahwa
hasil belajar peserta didik kelas IV pada materi fotosintesis masih tergolong rendah.
Kondisi ini disebabkan karena belum tersedianya media pembelajaran yang mampu
mendukung pemahaman peserta didik secara optimal. Oleh sebab itu,
dikembangkan media pembelajaran berbasis aplikasi Smart Apps Creator yang
diharapkan dapat meningkatkan hasil belajar sekaligus membuat proses
pembelajaran lebih menarik dan interaktif.
Penelitian ini memiliki rumusan masalah, yaitu: bagaimana proses,
kelayakan, kepraktisan, dan efektivitas pengembangan media pembelajaran
berbasis aplikasi Smart Apps Creator pada mata pelajaran IPAS materi fotosintesis
tumbuhan kelas IV MIN 3 Jember. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk
mengetahui proses, kelayakan, kepraktisan, serta efektivitas pengembangan media
pembelajaran berbasis aplikasi Smart Apps Creator pada mata pelajaran IPAS
materi fotosintesis tumbuhan kelas IV MIN 3 Jember.
Metode yang digunakan ialah Research and Development (Penelitian dan
Pengembangan) model ASSURE (Analyze learners, State objectives, Select
methods, media, and materials, Utilize media and materials, Require learner
participation, Evaluate and revise) dengan uji coba pada 24 peserta didik.
Penelitian ini menggunakan instrumen pengumpulan data berupa observasi,
wawancara, angket, dokumentasi dan tes dengan teknik analisis data kualitatif dan
kuantitatif deskriptif.
Hasil penelitian menunjukkan: 1) produk yang dikembangkan adalah media
pembelajaran berbasis aplikasi Smart Apps Creator pada mata pelajaran IPAS
materi fotosintesis tumbuhan kelas IV MIN 3 Jember, 2) hasil validasi dari para ahli
menunjukkan bahwa media dinyatakan sangat layak, dengan rincian skor dari ahli
media sebesar 87,5%, ahli materi sebesar 95%, dan ahli pembelajaran sebesar
97,3%, 3) hasil uji efektivitas menggunakan Paired Sample T-Test diperoleh nilai
Sig. (2-tailed) sebesar 0,000 < 0,05 yang berarti terdapat perbedaan hasil belajar
sebelum dan sesudah menggunakan media pembelajaran berbasis aplikasi Smart
Apps Creator. Uji N-Gain menunjukkan skor rata-rata 0,62 yang termasuk kategori
sedang. Sehingga, dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran berbasis aplikasi
Smart Apps Creator cukup efektif diterapkan dalam pembelajaran.
| Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
|---|---|
| Subjects: | 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130105 Primary Education |
| Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
| Depositing User: | Hilyatul Hasanah |
| Date Deposited: | 16 Oct 2025 04:32 |
| Last Modified: | 16 Oct 2025 04:32 |
| URI: | http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/48928 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
