Pendidikan Anak Usia Dini dalam Perspektif Ibnu Qayyim Al- Jauziah Kitab Tuhfatul Maudud bi Ahkamil Maulud

Desi Ayu Lestari, - (2021) Pendidikan Anak Usia Dini dalam Perspektif Ibnu Qayyim Al- Jauziah Kitab Tuhfatul Maudud bi Ahkamil Maulud. Undergraduate thesis, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Jurusan Pendidikan Islam Program Studi Pendidikan Agama Islam.

[img] Text
Desi Ayu Lestari_T20151227.pdf

Download (7MB)

Abstract

Desi Ayu Lestari, 2020: Pendidikan Anak Usia Dini dalam Perspektif Ibnu Qayyim Al- Jauziah Kitab Tuhfatul Maudud bi Ahkamil Maulud. Pendidikan Islam merupakan bagian yang terpenting dalam kehidupan sehari-hari. Dalam konteks pendidikan anak usia dini, tanggung jawab orang tua mendidik anak dengan sabar dan seksama, serta mengetahui kondisi kebutuhan penyiapan pendidik yang mampu mengasuh dan membimbing anak usia sejak lahir sampai 6 tahun merupakan suatu keharusan. Fokus kajian yang diteliti dalam skripsi ini adalah: 1) Bagaimana pemikiran Ibn Qayyim Al- Jauziah tentang pendidikan anak usia dini ? 2) Bagaimana karakteristik pendidikan anak usia dini menurut Ibn Qayyim AlJauziah ? Tujuan penelitian ini adalah: 1) mendeskripsikan bagaimana pemikiran Ibn Qayyim Al-Jauziyah tentang pendidikan anak usia dini. 2) mendeskripsikan bagaimana karakteristik pendidikan anak usia dini menurut Ibn Qayyim AlJauziyah. Jenis penelitian ini merupakan jenis penelitian pustaka (Library research), yaitu penelitian yang digunakan untuk mempelajari, mendalami, dan mengutip teori-teori atau konsep-konsep dari sejumlah literatur baik buku, jurnal, majalah, koran atau karya tulis lainnya yang relevan dengan topik, fokus atau variabel penelitian. Adapun sumber data dalam penelitian ini menggunakan data primer yaitu buku Tuhfatul Maudud Bi Ahkamil Maulud yang dipadukan dengan versi bahasa Indonesia, Menyambut Buah Hati Bekal Menyiapkan Anak Saleh pada Masa Golden Ages. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan metode dokumenter yaitu mengumpulkan data melalui peninggalan tertulis, terutama berupa arsip-arsip dan termasuk juga buku-buku tentang pendapat, teori, dalil/hukum-hukum dan lain-lain yang berhubungan dengan masalah penelitian. Penelitian ini menggunakan analisis content (isi), yaitu analisis yang dilakukan untuk mengungkapkan isi sebuah buku yang menggambarkan situasi penulis dan masyarakatnya pada waktu buku itu ditulis. Untuk menguji keabsahan data dalam penelitian ini menggunakan triangulasi sumber, yaitu teknik pengumpulan data dari sumber yang berbeda-beda dengan teknik yang sama. Hasil penelitian ini adalah Pendidikan anak usia dini dalam Islam Perspektif Ibn Qayyim Al- Jauziah dalam Tuhfatul Maudud bi Ahkamkil Maulud meliputi : (1) Pendidikan anak usia dini dalam Islam perspektif Ibnu Qayyim Al Jauziyah Meliputi lima hal yakni menjauhkan anak-anak dari hal-hal negatif sejak usia dini, menjauhkan anak dari sikap berlebihan dalam segala hal, jauhkan anakanak dari makanan dan minuman yang merusak akal, mendidik anak laki-laki menjadi seorang pria sejati, dan arahkan anak sesuai minat bakatnya. (2) Karakteristik pendidikan anak usia dini dalam pandangan Ibnu Qayyim AlJauziyah meliputi tiga hal yakni fase perkembangan anak sebelum lahir (priode pranatal), fase perkembangan anak sejak lahir hingga usia dua tahun, dan fase perkembangan anak sejak usia dua tahun hingga mumayyiz (5 s/d 7 tahun).

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Depositing User: Mr Ifan Ali Mufti
Date Deposited: 24 Mar 2022 07:35
Last Modified: 24 Mar 2022 07:35
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/4894

Actions (login required)

View Item View Item