Pengaruh Model Pembelajaran Learning Cycle terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS di SMP Negeri 1 Jember tahun Pelajaran 2024/2025

kirana, sheila putri (2025) Pengaruh Model Pembelajaran Learning Cycle terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS di SMP Negeri 1 Jember tahun Pelajaran 2024/2025. Undergraduate thesis, UIN KH Achmad Shiddiq Jember.

[img] Text
sheila putri kirana_211101090009.pdf

Download (6MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar yang didapat oleh siswa pada mata pelajaran IPS di SMP Negeri 1 Jember yang terkendala metode pembelajaran monoton, kurangnya minat siswa terhadap pelajaran IPS yang dianggap mata pelajaran yang membosankan, menyebabkan hasil belajar siswa rendah dan kesulitan memahami materi yang abstrak. Sehingga dalam konsep pembelajaran perlu adanya solusi alternatif seperti melakukan inovasi model pembelajaran Learning Cycle yang melibatkan peran siswa secara langsung dalam memecahkan permasalahan.
Tujuan penelitian ini adalah: untuk mengetahui adakah pengaruh model pembelajaran learning cycle terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS di SMP Negeri 1 Jember tahun pelajaran 2024/2025.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian quasi experimental. Desain penelitian yang dipakai adalah nonequaivalent control group design dengan menggunakan pre-test post-test. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Jember yang berjumlah 320 siswa dengan menggunakan purposive sampling, sehingga diperoleh sampel kelas VIII H yang berjumlah 32 siswa sebagai kelas eksperimen dan VIII J yang berjumlah 32 siswa sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan tes, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan Uji Regresi Linear Sederhana.
Dari hasil pre-test dan post-test didapatkan bahwa sebelum diberikan perlakuan, kelas kontrol memiliki rata –rata pre-test 64,2 dan setelah diberikan perlakuan post-test memiliki peningkatan sebesar 10,4 yaitu 74,6. Sedangkan pada kelas eksperimen sebelum diberikan perlakuan, nilai rata –rata pre-test 53,0 dan setelah diberikan perlakuan post-test, rata –rata kelas eksperimen meningkat dari 53,0 ke 87,9 (yang artinya memiliki peningkatan sebesar 34,9 poin). Hasil analisis data menggunakan uji regresi linear sederhana yang memperoleh nilai Signifikansi 0,000 <0,05. Sehingga hipotesis nol (HO) ditolak dan hipotesis alternatif (HA) diterima. Artinya ada pengaruh model pembelajaran learning cycle terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS di SMP Negeri 1 Jember tahun pelajaran 2024/2025.
Kata Kunci: Model Pembelajaran, Learning Cycle, Hasil Belajar, IPS,

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130103 Higher Education
13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130199 Education systems not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris Ilmu Pengetahuan Sosial
Depositing User: sheila putri kirana
Date Deposited: 16 Oct 2025 02:52
Last Modified: 16 Oct 2025 02:52
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/48945

Actions (login required)

View Item View Item