Implementasi Program Tahfidz Dalam Pembinaan Kecerdasan Spiritual Peserta Didik Di Madrasah Aliyah Negeri 2 Jember Tahun Pelajaran 2021/2022

Febriyanti, Nilna Berlian (2022) Implementasi Program Tahfidz Dalam Pembinaan Kecerdasan Spiritual Peserta Didik Di Madrasah Aliyah Negeri 2 Jember Tahun Pelajaran 2021/2022. Undergraduate thesis, UIN KH ACHMAD SIDDIQ JEMBER.

[img] Text
NILNA BERLIAN FEBRIYANTI _T20171158.pdf

Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK Nilna Berlian Febriyanti, 2021: Implementasi Program Tahfidz Dalam Pembinaan Kecerdasan Spiritual Peserta Didik Di Madrasah Aliyah Negeri 2 Jember Tahun Pelajaran 2021/2022. Kata Kunci: Kecerdasan Spiritual, Peserta Didik, Program Tahfidz Kecerdasan spiritual peserta didik program tahfidz bahwa peserta didik memiliki keunggulan lebih dalam bidang akademik. Peserta didik program tahfidz terdiri dari kelas X,XI,XII, program tahfidz di Madrasah Aliyah Negeri 2 Jember berdiri pada tahun 2017 pada masa kepala sekolah bapak suharno dan program tahfidz di Madrasah Aliyah Negeri 2 Jember termasuk mulok Fokus penelitian yang diteliti dalam skripsi ini,yaitu: 1) Bagaimana implementasi program tahfidz pada aspek rohani dalam pembinaan kecerdasan spiritual bagi peserta didik di Madrasah Aliyah Negeri 2 Jember? 2) Bagaimana implementasi program tahfidz pada aspek jiwa dalam pembinaan kecerdasan spiritual bagi peserta didik di Madrasah Aliyah Negeri 2 Jember? 3) Bagaimana implementasi program tahfidz pada aspek biologis dalam pembinaan kecerdasan spiritual bagi peserta didik di Madrasah Aliyah Negeri 2 Jember? 4) Bagaimana implementasi program tahfidz pada aspek sosial dalam pembinaan kecerdasan spiritual bagi peserta didik di Madrasah Aliyah Negeri 2 Jember?. Untuk mengidentifikasi permasalahan tersebut, peneliti menggunakan pendekatan penelitian kualitatif dengan jenis penelitian kualitatif deskriptif . Pemilihan subjek penelitian menggunakan purposive.Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Adapun analisis data. Keabsahan data dalam penelitian ini menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Hasil penelitian ini adalah: 1). Implementasi program tahfidz pada aspek rohani dalam pembinaan kecerdasan spiritual di Madrasah Aliyah Negeri 2 Jember Tahun 2021 yaitu peserta didik program tahfidz yang fokus untuk menghafal Al-Qur’an dan ada juga kegiatan kajian kitab dan untuk mendekatkan diri kepada Allah SWT. 2). Implementasi program tahfidz pada aspek jiwa dalam pembinaan kecerdasan spiritual bagi peserta didik di Madrasah Aliyah Negeri 2 Jember Tahun 2021 terkait peserta didik yang masuk di program tahfidz ada yang kemauan diri sendiri dan ada juga yang motivasi dari orang tua. 3). Implementasi program tahfidz pada aspek biologis dalam pembinaan kecerdasan spiritual bagi peserta didik di Madrasah Aliyah Negeri 2 Jember Tahun 2021 bahwa ada kegiatan yang dilaksanakan setiap hari minggu yaitu kegiatan senam bersama dan kegiatan membersihkan sekitar asrama untuk melatih kesahatan peserta didik. 4). Implementasi program tahfidz pada aspek sosial bagi peserta didik di Madrasah Aliyah Negeri 2 Jember Tahun 2021 bahwa interaksi peserta didik dengan teman sebaya baik dan saling membantu ketika ada teman yang membutuhkan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Mrs Nilna Febriyanti
Date Deposited: 16 Mar 2022 06:57
Last Modified: 16 Mar 2022 06:57
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/4895

Actions (login required)

View Item View Item