Implementasi Model Pembelajaran Berbasis Masalah Pada Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial Kelas VII di SMP Miftahul Ulum Pancoran Bondowoso Tahun Pelajaran 2019/2020.

Abu Hasan, - (2021) Implementasi Model Pembelajaran Berbasis Masalah Pada Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial Kelas VII di SMP Miftahul Ulum Pancoran Bondowoso Tahun Pelajaran 2019/2020. Undergraduate thesis, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Program Studi Tadris Ilmu Pengetahuan Sosial.

[img] Text
Abu Hasan_T20159021.pdf

Download (2MB)

Abstract

Abu Hasan, 2021. Implementasi Model Pembelajaran Berbasis Masalah Pada Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial Kelas VII di SMP Miftahul Ulum Pancoran Bondowoso Tahun Pelajaran 2019/2020. Kata kunci: Implementasi, Pembelajaran Berbasis Masalah, Ilmu Pengetahuan Sosial Pendidikan bermutu dapat dilihat dari kualitas sumber daya manusia sebagai bentuk aoutcome pelaksanaan pembelajaran. sebagaimana pembelajaran IPS yang secara ideal diharapkan menjadi sarana mengembangkan siswa untuk menghadapi masalah diri dan lingkungannya. Hal ini menjadi tuntutan bagi guru IPS untuk bisa mengembangkan pembelajaran agar dapat melatih siswa menyelesaikan masalah. di SMP Miftahul Ulum Pancoran Bondowoso, guru mata pelajaran IPS melakukan pembelajaran dengan menerapkan model pembelajaran berbasis masalah atau problem based learning yaitu model pembelajaran yang mengarahkan siswa terhadap permasalahan nyata sebagai alur belajar. melalui model ini, siswa dituntut untuk proaktif terlibat dalam kegiatan kelompok serta berfikir kritis agar dapat meningkatkan keterampilan penyelesaian masalah. Fokus penelitian ini adalah: (1) Bagaimana perencanaan model PBM pada mata pelajaran IPS kelas VII di SMP Miftahul Ulum Bondowoso tahun pelajaran 2019/2020?, (2) Bagaimana pelaksanaan model PBM pada mata pelajaran IPS kelas VII di SMP Miftahul Ulum Bondowoso tahun pelajaran 2019/2020?, (3) Bagaimana evaluasi model PBM pada mata pelajaran IPS kelas VII di SMP Miftahul Ulum Bondowoso tahun pelajaran 2019/2020?. Tujuan penelitian ini adalah: (1) mendeskripsikan perencanaan model pembelajaran berbasis masalah pada mata pelajaran IPS kelas VII di SMP Miftahul Ulum Pancoran Bondowoso tahun pelajaran 2019/2020; (2) mendeskripsikan pelaksanaan model pembelajaran berbasis masalah pada mata pelajaran IPS kelas VII di SMP Miftahul Ulum Pancoran Bondowoso tahun pelajaran 2019/2020; (3) mendeskripsikan evaluasi model pembelajaran berbasis masalah pada mata pelajaran IPS di SMP Miftahul Ulum Pancoran Bondowoso tahun pelajaran 2019/2020. Untuk mengidentifikasi permasalahan tersebut, penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif dengan jenis penelitian kualitatif deskriptif. Teknis pengumpulan data dalam penelitian ini, adalah: observasi, wawancara, dokumentasi. Penentuan informan penelitian menggunakan teknik purposive. Analisis data yang digunakan model interaktif Miles Huberman dan Saldana yang meliputi: (1) pengumpulan data; (2) kondensasi data; (3) penyajian data; (4) penarikan kesimpulan dan verifikasi. Untuk menguji keabsahan data peneliti menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik. digilib.iain-jember.ac.id—digilib.iain-jember.ac.id—digilib.iain-jember.ac.id—digilib.iain-jember.ac.id—digilib.iain-jember.ac.id—digilib.iain-jember.ac.id x Penelitian ini memperoleh kesimpulan: 1) proses perencanaan model pembelajaran berbasis masalah pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial kelas VII di SMP Miftahul Ulum Pancoran Bondowoso memiliki dua langkah yaitu guru mengenalkan masalah pada siswa, kemudian guru mengorganisasikan siswa; 2) proses pelaksanaan model pembelajaran berbasis masalah pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial kelas VII di SMP Miftahul Ulum Pancoran Bondowoso meliputi kegiatan proses guru membantu siswa dalam melakukan investigasi dalam kelompok, kemudian siswa mempresentasikan hasil karya; 3) proses evaluasi model pembelajaran berbasis masalah pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial di SMP Miftahul Ulum Pancoran Bondowoso dilakukan berdasarkan pada penilaian berdasarkan hasil laporan kelompok, dan penilaian proses pemecahan masalah melalui pengamatan presentasi kelompok.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Depositing User: Mr Ifan Ali Mufti
Date Deposited: 24 Mar 2022 02:36
Last Modified: 24 Mar 2022 02:36
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/4896

Actions (login required)

View Item View Item