Hidayah, Bidayatul (0025) TOTAL QUALITY MANAGEMENT (TQM) DALAM MENGEMBANGKAN KOMPETENSI SANTRI DI PONDOK PESANTREN SALAFIYAH BANGIL PASURUAN. Masters thesis, UIN KH Achmad Siddiq Jember.
|
Text
bidayatul hidayah Nim 223206010022.pdf Download (6MB) |
Abstract
Bidayatul,Hidayah. 2025. Total Quality Management (TQM) Dalam
Mengembangkan Kompetensi Santri Di Pondok Pesantren Salafiyah
Bangil Pasuruan. Tesis. Program Studi Manajemen Pendidikan Islam
Pascasarjana Universitas Agama Islam Negeri Kiai Ahmad Siddiq Jember.
Pembimbing I : Prof. Dr. H. Sofyan Tsauri, MM. Pembimbing II : Dr.H.
Abd. Muhith, S.Ag., M.Pd.I.
Kata Kunci : Total Quality Management, Mengembangkan Kompetensi Santri
Total Quality Manajemen (TQM) merupakan sebuah manajemen pada suatu
institusi yang memfokuskan pada peningkatan kualitas dengan melibatkan seluruh
sumber daya manusia dengan tujuan agar meningkat secara berkelanjutan terhadap
kepuasan customer (masyarakat) yang secara terus menerus.
Fokus penelitian yaitu 1) Bagaimana perencanaan Total Quality
Management (TQM) Dalam Mengembangkan Kompetensi Santri Di Pondok
Pesantren Salafiyah Bangil Pasuruan ? 2) Bagaimana pelaksanaan Total Quality
Management (TQM) Dalam Mengembangkan Kompetensi Santri Di Pondok
Pesantren Salafiyah Bangil Pasuruan ? 3) Bagaimana evaluasi dan tindak lanjut
Total Quality Management (TQM) Dalam Mengembangkan Kompetensi Santri Di
Pondok Pesantren Salafiyah Bangil Pasuruan Pasuruan?
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis studi kasus.
Lokasi penelitian bertempat di Pondok Pesantren Salafiyah Bangil Pasuruan
Pasuruan. Teknik pengumpulan data penelitian ini menggunakan wawancara,
observasi, dan dokumentasi, analisis data menggunakan teknik Miles, Huberman,
dan Saldana.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa 1) Perencanaan : dilakukan dengan
pendekatan yang sistematis dan melibatkan berbagai pihak terkait,seperti pengurus,
pengajar, dan santri. Perencanaan ini difokuskan pada pengembangan kompetensi
santri melalui peningkatan kualitas pendidikan yang meliputi aspek kurikulum,
metode pengajaran, serta fasilitas. 2) Pelaksanaan : dilakukan secara terstruktur
melalui berbagai kegiatan, seperti pelatihan untuk pengajar, pembaruan metode
pembelajaran, dan peningkatan fasilitas. Metode evaluasi yang digunakan meliputi
survei kepuasan santri dan wali santri, penilaian hasil belajar, serta observasi
langsung terhadap proses pembelajaran. pesantren juga berusaha untuk
mengoptimalkan pemanfaatan sumber daya yang ada, baik dengan melibatkan
alumni dalam pelatihan pengajar atau mencari kerjasama dengan lembaga lain.
Semua upaya tersebut bertujuan untuk mengembangkan kompetensi santri agar
dapat bersaing di dunia modern. 3) Evaluasi dan Tindak Lanjut : dilakukan secara
berkala dan melibatkan seluruh pihak yang terkait, termasuk pengurus, pengajar,
santri, serta wali santri. Evaluasi dilakukan dengan menggunakan berbagai metode
seperti survei kepuasan, penilaian hasil belajar, serta observasi langsung terhadap
pembelajaran. Hasil evaluasi digunakan untuk merumuskan tindak lanjut berupa
perbaikan metode pengajaran, pembaruan kurikulum, serta peningkatan fasilitas.
Semua tindak lanjut dilaksanakan dengan melibatkan semua elemen pesantren,
menjadikannya bagian dari budaya pesantren dan memastikan keberlanjutannya.
| Item Type: | Thesis (Masters) |
|---|---|
| Subjects: | 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1508 Other1503 Commerce, Management, Tourism and Services > 159999 Commerce, Management, Tourism and Services not elsewhere classified 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies |
| Divisions: | Program Magister > Manajemen Pendidikan Islam |
| Depositing User: | BIDAYATUL HIDAYAH |
| Date Deposited: | 17 Oct 2025 07:00 |
| Last Modified: | 17 Oct 2025 07:00 |
| URI: | http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/48969 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
