Penerapan model pembelajaran kooperatif tipe STAD mata pelajaran fiqih kelas II di Madrasah Ibtidaiyah Miftahul Ulum 03 Suren Ledokombo Jember Tahun Pelajaran 2019/2020.

SITTI MAUFIROH, - (2021) Penerapan model pembelajaran kooperatif tipe STAD mata pelajaran fiqih kelas II di Madrasah Ibtidaiyah Miftahul Ulum 03 Suren Ledokombo Jember Tahun Pelajaran 2019/2020. Undergraduate thesis, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah.

[img] Text
SITTI MAUFIROH_T20164059.pdf

Download (3MB)

Abstract

Sitti Maufiroh, 2021: Penerapan model pembelajaran kooperatif tipe STAD mata pelajaran fiqih kelas II di Madrasah Ibtidaiyah Miftahul Ulum 03 Suren Ledokombo Jember Tahun Pelajaran 2019/2020. Kata Kunci: Pembelajaran kooperatif, tipe STAD, Madrasah Ibtidaiyah Penggunaan metode pembelajaran sangat penting dilakukan oleh guru secara bervariasi untuk menumbuhkan semangat belajar peserta didik dan juga tingkat kemampuan peserta didik yang berbeda menuntut guru selalu kreatif dan inovatif dalam memilih dan menggunakan metode pembelajaran untuk dapat menciptakan suasana pemberajaran yang dapat menciptakan suasana pembelajaran aktif dan membuat peserta didik merasa senang belajar. Fokus penelitian ini yaitu: 1) Bagaimana perencanaan model pembelajaran kooperatif tipe STAD pada mata pelajaran fiqih kelas II di Madrasah Ibtidaiyah Miftahul Ulum 03 Suren Ledokombo Jember Tahun Pelajaran 2019/2020? 2) Bagaimana pelaksanaan model pembelajaran kooperatif tipe STAD pada mata pelajaran fiqih kelas II di Madrasah Ibtidaiyah Miftahul Ulum 03 Suren Ledokombo Jember Tahun Pelajaran 2019/2020? 3) Bagaimana evaluasi model pembelajaran kooperatif tipe STAD pada mata pelajaran fiqih kelas II di Madrasah Ibtidaiyah Miftahul Ulum 03 Suren Ledokombo Jember Tahun Pelajaran 2019/2020? Tujuan penelitian ini adalah 1) Untuk menjelaskan dan menganalisis Perencanaan model pembelajaran kooperatif tipe STAD pada mata pelajaran fiqih kelas II di Madrasah Ibtidaiyah Miftahul Ulum 03 Suren Ledokombo Jember. 2) Untuk menjelaskan dan menganalisis Pelaksanaan model pembelajaran kooperatif tipe STAD pada mata pelajaran fiqih kelas II di Madrasah Ibtidaiyah Miftahul Ulum 03 Suren Ledokombo Jember. 3) Untuk menjelaskan dan menganalisis evaluasi penerapan model pembelajaran kooperatif tipe STAD pada mata pelajaran fiqih kelas II di Madrasah Ibtidaiyah Miftahul Ulum 03 Suren Ledokombo Jember. Metode penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dan jenis penelitiannya menggunakan studi kasus. Tehnik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi, sedangkan analisis data dengan model analisis interaktif (interactive analysis). Keabsahan data penelitian ini menggunakan teknik trianggulasi. Hasil penelitian ini menunjukkan: 1) Perencanaan pembelajaran kooperatif tipe STAD pada mata pelajaran fiqih kelas II di Madrasah Ibtidaiyah Miftahul Ulum 03 Suren Ledokombo Jember, yaitu: Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP), lembar observasi dan lembar penilaian skor, media pembelajaran, materi dan soal untuk tugas kelompok dan individu, dan mendesain kelompok belajar. 2) Pelaksanaan pembelajaran kooperatif tipe STAD pada mata pelajaran fiqih kelas II di Madrasah Ibtidaiyah Miftahul Ulum 03 Suren Ledokombo Jember, yaitu: Guru melakukan kegiatan pendahuluan. Kegiatan inti yaitu: Guru menjelaskan model pembelajaran kepada siswa, membagi peserta didik ke dalam beberapa kelompok, memutar video orang, menyuruh peserta didik untuk mengamati gambar/video orang, siswa mendiskusikan cerita. dan semua kelompok digilib.iain-jember.ac.id—digilib.iain-jember.ac.id—digilib.iain-jember.ac.id—digilib.iain-jember.ac.id—digilib.iain-jember.ac.id—digilib.iain-jember.ac.id vii menempelkan hasil diskusinya. Kegiatan penutup pembelajaran, yaitu: Guru bersama peserta didik melafalkan doa dan guru merencanakan tindak lanjut pembelajaran. 3) Evaluasi pembelajaran kooperatif tipe STAD pada mata pelajaran fiqih kelas II di Madrasah Ibtidaiyah Miftahul Ulum 03 Suren Ledokombo Jember, yaitu: Evaluasi observasi dan unjuk kerja dengan istilah penyebutan kelompok smart, kelompok hebat dan kelompok super. Evaluasi individu tes tulis berupa pekerjaan rumah (PR).

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Depositing User: Mr Ifan Ali Mufti
Date Deposited: 24 Mar 2022 02:38
Last Modified: 24 Mar 2022 02:38
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/4899

Actions (login required)

View Item View Item