Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Multimedia Interaktif Pada Mata Pelajaran IPS Kelas VII Di SMPN 2 Gending Tahun Pelajaran 2019/2020

AB. Dimas Ghimby, - (2020) Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Multimedia Interaktif Pada Mata Pelajaran IPS Kelas VII Di SMPN 2 Gending Tahun Pelajaran 2019/2020. Undergraduate thesis, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Program Studi Tadris Ilmu Pengetahuan Sosial.

[img] Text
AB. Dimas Ghimby_T20169035.pdf

Download (7MB)

Abstract

AB. Dimas Ghimby, 2020: Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Multimedia Interaktif Pada Mata Pelajaran IPS Kelas VII Di SMPN 2 Gending Tahun Pelajaran 2019/2020 Kata kunci: Pengembangan, Media Pembelajaran, Multimedia Interaktif Penelitian pengembangan ini bertujuan untuk (1) mengembangkan media pembelajaran berbasis multimedia interaktif pada mata pelajaran IPS kelas VII di SMPN 2 Gending Tahun Pelajaran 2019/2020, (2) mengetahui kelayakan media pembelajaran berbasis multimedia interaktif pada mata pelajaran IPS kelas VII di SMPN 2 Gending Tahun Pelajaran 2019/2020. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah penelitian pengembangan (Research and Development). Penelitian ini dilakukan di SMPN 2 Gending. Metode yang digunakan dalam pengumpulan data yaitu angket. Hasil penelitian dan pengembangan: (1) Proses penelitian pengembangan ini dilaksanakan dengan beberapa tahapan yang diadaptasi dari model penelitian pengembangan versi ADDIE. Adapun tahapan tersebut yaitu: Analysis, Design, Development, Implementation, dan Evaluation. Tahap analysis meliputi studi lapangan dan studi literatur. Tahap design meliputi pembuatan flowchart dan storyboard. Tahap development meliputi pembuatan produk media pembelajaran berbasis multimedia interaktif, validasi ahli materi dan validasi ahli media, serta revisi media pembelajaran dari ahli materi dan ahli media. Tahap implementation dilakukan dua siklus yaitu uji coba produk kelompok kecil yang melibatkan 6 orang siswa dan uji coba produk kelompok besar yang melibatkan 27 orang siswa. Tahap Evaluation ini dilakukan revisi akhir terhadap produk yang dikembangkan berdasarkan saran dan masukan peserta didik yang diberikan selama tahap implementasi yang dihasilkan berbentuk compact disk (CD) berbasis multimedia interaktif, (2) hasil penilaian ahli desain media pembelajaran memperoleh rerata hasil penilaian pada aspek tampilan adalah 4,3 dan rerata hasil penilaian pada aspek pemograman adalah 4,5. Pada ahli materi memperoleh rerata hasil penilaian pada aspek pembelajaran adalah 3,6. Selanjutnya diujicobakan kepada guru dan siswa SMPN 2 Gending kelas VII terhadap media pembelajaran berbasis multimedia interaktif yang dikembangkan, diperoleh rerata hasil penilaian guru IPS adalah 3,8. Hasil uji coba pada peserta didik mendapatkan skor rata-rata 4,6. Berdasarkan dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran berbasis multimedia interaktif terdiri atas tiga validasi, yaitu materi, media dan guru IPS. Kelayakan media pembelajaran berbasis multimedia interaktif dari hasil validasi Tim ahli materi, media, dan guru IPS baik dan respon peserta didik sangat baik. Dengan demikian, media pembelajaran berbasis multimedia interaktif layak digunakan sebagai media pembelajaran untuk kelas VII di SMPN 2 Gending.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Depositing User: Mr Ifan Ali Mufti
Date Deposited: 24 Mar 2022 07:36
Last Modified: 24 Mar 2022 07:36
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/4900

Actions (login required)

View Item View Item