Zumrotun Nafisah, - (2020) Manajemen Program Pendidikan Keagamaan NU di Madrasah Aliyah Nahdlatul Ulama Lekok Pasuruan. Undergraduate thesis, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Program Studi Manajemen Pendidikan Islam.
Text
Zumrotun Nafisah_T20163013.pdf Download (23MB) |
Abstract
Zumrotun Nafisah, 2020. Manajemen Program Pendidikan Keagamaan NU di Madrasah Aliyah Nahdlatul Ulama Lekok Pasuruan. Kata Kunci: Manajemen Program Pendidikan, keagamaan NU. Keagamaan merupakan sesuatu yang berhubungan dengan agama, agama adalah keseluruhan tingkah laku manusia yang terpuji, yang dilakukan demi memperoleh ridha Allah. Dalam lembaga pendidikan NU ada materi pendidikan yang menjadi ciri khas atau corak yang tidak boleh tidak ada yaitu Ahlussunah Wal Jamaah (Aswaja) Fokus Penelitian ini adalah: 1) Bagaimanan perencanaan program pendidikan keagamaan NU di Madrasah Aliyah Nahdlatul Ulama? 2) Bagaimana pengorganisasian program pendidikan keagamaan NU di Madrasah Aliyah Nahdlatul Ulama? 3) Bagaimana pelaksanaan program pendidikan keagamaan NU di Madrasah Aliyah Nahdlatul Ulama? 4) Bagaimana evaluasi program pendidikan keagamaan NU di Madrasah Aliyah Nahdlatul Ulama?. Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan, dan evaluasi program pendidikan keagamaan NU di Madrasah aliyah Nahdlatul Ulama. Dalam penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif jenis studi kasus. Pengumpulan data di lakukan dengan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis deskriptif interaktif model Miles dan Huberman. Keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan teknik. Hasil dari penelitian ini adalah: 1) Perencanaan Kegiatan program pendidikan keagamaan NU ini dilaksanakan dengan melihat kebutuhan masa depan, menetapkan tujuan yang berdasarkan pada visi misi madrasah, mempunyai kebijakan masing-masing dari setiap kegiatannya, menyusun program, tidak terlalu membutuhkan biaya dan setiap kegiatan mempunyai waktu pelaksanaan masing-masing. 2) Mengidentifikasi jenis tugas dan tanggung jawab dilakukan dengan kemampuan individu, kualifikasi ijazah. Menggolongkan jenis tugas dan tanggung jawab dilakukan dengan melihat waktu dan tempat kegiatan. Menentukan dan mendistribusikan tugas dan tanggung jawab dilakukan dengan melihat jenis kegiatan dan kemampuan di masing- masing bidang. Dan program pendidikan sholat dhuha berjamaah dan kajian kitab dilaksanakan setiap hari secara berjamaah setelah pembacaan surat al-waqiah. Program pendidikan sholat dhuhur dilaksanakan setiap hari setelah pembacaan surat al-mulk, asmaul husan sholat dhuhur. Program pendidikan madin dilaksanakan setiap hari setelah kbm selesai yang dikhususkan untuk siswa yang tidak madin dirumahnya. Program pendidikan tahlil dilaksanakan setiap minggu dengan sistem setor hafalan. 3) Waktu evaluasi dilaksanakan setiap minggu sekali dengan membawa catatan-catatan kecil terkait dengan kegiatan yang dilaksanakan. Antara pelaksanaan dan perencanaan sejauh ini sudah mencapai target yang ditentukan.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified |
Depositing User: | Mr Ifan Ali Mufti |
Date Deposited: | 24 Mar 2022 07:36 |
Last Modified: | 24 Mar 2022 07:36 |
URI: | http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/4902 |
Actions (login required)
View Item |