Isfahani, Rafli Ahmad (2025) Pengembangan Aplikasi Media Pembelajaran Berbasis Articulate Storyline 3 Pada Materi Siklus Hidrologi Kelas VB Di Madrasah Ibtidaiyah Negeri (MIN) 3 Jember. Undergraduate thesis, UIN Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.
|
Text
Rafli Ahmad Isfahani_222101040050.pdf Download (17MB) |
Abstract
Penelitian ini dilaksanakan di kelas VB MIN 3 Jember berdasarkan hasil observasi bahwa pembelajaran IPAS masih didominasi metode ceramah dan tanya jawab, sehingga kurang efektif. Untuk mengatasi hal tersebut, dikembangkan aplikasi media pembelajaran berbasis Articulate Storyline 3 pada materi Siklus Hidrologi. Penelitian ini menggunakan metode Research and Development (R&D) dengan model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation). Data diperoleh melalui observasi, wawancara, angket, dan dokumentasi, serta divalidasi oleh ahli media, ahli materi, dan ahli pembelajaran. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media yang dikembangkan layak digunakan dengan hasil validasi ahli materi 89%, ahli media 76%, dan ahli pembelajaran 96%, dengan rata-rata keseluruhan 87%. Respon peserta didik sebesar 86% juga menunjukkan kategori sangat layak . Dengan demikian, aplikasi berbasis Articulate Storyline 3 efektif meningkatkan kualitas pembelajaran IPAS pada materi siklus hidrologi.
Kata Kunci : Articulate Storyline 3, Siklus Hidrologi, Aplikasi Media Pembelajaran
| Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
|---|---|
| Subjects: | 13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130313 Teacher Education and Professional Development of Educators |
| Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
| Depositing User: | PGMI RAFLI AHMAD ISFAHANI |
| Date Deposited: | 30 Oct 2025 07:27 |
| Last Modified: | 30 Oct 2025 07:27 |
| URI: | http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/49055 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
