Pengaruh Penggunaan Permainan Tradisional Gobak Sodor Terhadap Keterampilan Sosial Anak Kelas 2 MI Di Madrasah Ibtidaiyah Ma’arif Sidomukti Gresik Tahun Pelajaran 2019-2020

WAHYU NUZULIYAH PUTRI, - (2021) Pengaruh Penggunaan Permainan Tradisional Gobak Sodor Terhadap Keterampilan Sosial Anak Kelas 2 MI Di Madrasah Ibtidaiyah Ma’arif Sidomukti Gresik Tahun Pelajaran 2019-2020. Undergraduate thesis, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah.

[img] Text
WAHYU NUZULIYAH PUTRI_T20164002.pdf

Download (6MB)

Abstract

Wahyu Nuzuliyah Putri, 2020: Pengaruh Penggunaan Permainan Tradisional Gobak Sodor Terhadap Keterampilan Sosial Anak Kelas 2 MI Di Madrasah Ibtidaiyah Ma’arif Sidomukti Gresik Tahun Pelajaran 2019-2020 Keterampilan sosial pada anak tidak terjadi dengan sendirinya, oleh karena itu harus diperkenalkan dan diajarkan terus menerus pada anak, agar anak memiliki sifat bekerja sama. Sifat tanggung jawab yang besar, sifat bersosialisasi dengan teman dengan baik. Oleh karena itu betapa petingnya keterampilan sosial di ajarkan pada saat ini, karena keterampilan sosial anak akan berpengaruh besar pada saat mereka telah tumbuh dewasa. Fokus penelitian ini adalah : 1) bagaimna keterampilan sosial anak yang menggunakan permainan tradisional gobak sodor kelas 2 di Madrasah ibtidaiyah Ma’arif Sidomukti Gresik; 2) bagaimana keterampilan sosial anak yang tidak menggunakan permaianan tradisional gobak sodor kelas 2 di Madrasah ibtidaiyah Ma’arif Sidomukti Kebomas Gresik; 3) adakah pengaruh penggunaan permainan tradisional gobak sodor terhadap keterampilan sosial anak kelas 2 di Madrasah Ibtidaiyah Ma’arif Sidomukti Gresik. Tujuan penelitian ini adalah : 1) untuk mendeskripsikan bagaimanakaah keterampilan sosial anak yang menggunakan permainan tradisional Gobak Sodor kelas 2 MI Ma’arif Sidomukti Gresik; 2) untuk mendeskripsikan bagaimanaakah keterampilan sosial anak yang tidak menggunakan permainan tradisional Gobak Sodor di kelas 2 MI Ma’arif Sidomukti Gresik; 3) untuk mengetahui pengaruh penggunaan permainan tradisional Gobak Sodor terhadap keterampilan sosial anak kelas 2 di MI Ma’arif Sidomukti Gresik. Metode penelitian yang digunakan adalah metode pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian eksperimen dengan bentuk Quasi Eksperimental. Adapun teknik pengumpulan data yaitu dengan a) wawancara; b) dokumntasi; c) kuisioner/ angket. Keterampilan social di ukur dengan cara menyebarkan kuisioner kepada 10 Siswa secara acak/random dengan melihat nilai dari ratarata siswa. Adapun analisis data kuantitatif yang di gunakan meliputi Uji Normalitas Data, Uji Homogenitas Data, Uji Hipotetsis. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa 1) keterampilan sosial yang menggunakan permainan tradisional gobak sodor, menyatakan adanya pengaruh pada keterampilan sosial yang telah diberikan permainan tradisional gobak sodor; 2) keterampilan sosial yang tidak menggunakan permainan tradisional gobak sodor, tidak adanya pengaruh terhadap keterampilan pada anak; 3) permainan tradisional mempunyai pengaruh terhadap keterampilan social anak. Hal ini dilihat bahwa nilai signifikansi terhadap keterampilan social adalah 0,829 > 0,05 dan nili t hitung 0,852 > 1,734, maka dapat disimpulkan bahwa Hₐ diterima. Yang berarti ada pengaruh signifikan antara permainan tradisional(X) terhadap keterampilan social(Y). Kata Kunci: Permainan Tradisional, Keterampilan Sosial

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Depositing User: Mr Ifan Ali Mufti
Date Deposited: 24 Mar 2022 02:46
Last Modified: 24 Mar 2022 02:46
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/4906

Actions (login required)

View Item View Item