Liufvanni, Faniessa (2025) Pengaruh Metode Pembelajaran Paktikum Berbantuan STEM Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik Kelas X Pada Sub Bab Materi Perubahan Lingkungan Di SMA Negeri Darussholah Singojuruh Tahun Ajaran 2024/2025. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Achmad Siddiq Jember.
|
Text
Faniessa Liufvanni _212101080030.pdf Download (8MB) |
Abstract
Globalisasi menuntut sumber daya manusia yang kritis, kreatif, dan adaptif. Namun, hasil TIMSS dan PISA menunjukkan kemampuan berpikir kritis peserta didik Indonesia masih rendah. Studi dari Global Institute menyebutkan bahwa hanya sekitar 5 % peserta didik Indonesia yang mampu menyelesaikan soal penalaran barkategori tingkat tinggi. Observasi di SMANegeri Darussholah Singojuruh mengungkap pembelajaran biologi masih dominan ceramah dan praktikum belum optimal. Penelitian ini menerapkan metode praktikum berbasis STEM pada materi ekosistem sub bab perubahan lingkungan, mengintegrasikan sains, teknologi, rekayasa, dan matematika.
Tujuan penelitian yaitu sebagai berikut: 1. Mendeskripsikan kemampuan berpikir kritis siswa kelas X di SMAN Darussholah antara kelas kontrol dengan menggunakan metode praktikum tanpa berbasis pendekatan STEM dengan kelas eksperimen menggunakan metode pembelajaran praktikum berbasis pendekatan STEM pada mata pelajaran ekosistem Tahun Ajaran 2024/2025. 2. Mengetahui ada atau tidaknya pengaruh metode pembelajaran praktikum berbasis pendekatan STEM terhadap kemampuan berpikir kritis pada materi ekosistem kelas X SMAN Darussholah Banyuwangi Tahun Ajaran 2024/2025.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian kuasi eksperimen dengan model penelitian pretest postest control group design yang dilakukan di SMAN Darussholah Singojuruh. Populasi seluruh siswa kelas X di SMAN Darussholah Tahun Ajaran 2024/2025 terdiri dari 339 peserta didik. Adapun sampel pada penelitian ini sejumlah 64 peserta didik dari kelas X7, X8, X9, dan X10, pengampilan sampel menggunakan rumus slovin dan purposive sampling dengan melihat nilai rata-rata serta jumlah peserta didik yang sama. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi keterlaksanaan pembelajaran, tes (pretest-postest), dan dokumentasi. Analisis data menggunakan statistik non parametrik Uji Mann Whitney.
Hasil analisis menunjukkan adanya perbedaan signifikan antara nilai pretest dan posttest pada kelas kontrol dan kelas eksperimen, dengan peningkatan rata-rata nilai kelas eksperimen lebih tinggi. Uji nonparametrik Mann Whitney menghasilkan nilai signifikansi 0,000 (< 0,05), sehingga H0 ditolak dan Ha diterima. Temuan ini membuktikan bahwa metode pembelajaran praktikum berbasis STEM memberikan pengaruh positif yang lebih besar terhadap peningkatan kemampuan berpikir kritis peserta didik dibandingkan metode praktikum konvensional.
Kata Kunci: Praktikum, Pendekatan STEM, Kemampuan Berpikir Kritis, Ekosistem
| Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
|---|---|
| Subjects: | 06 BIOLOGICAL SCIENCES > 0699 Other Biological Sciences > 069902 Global Change Biology 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified |
| Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris Biologi |
| Depositing User: | Ms Faniessa Liufvanni |
| Date Deposited: | 04 Nov 2025 03:57 |
| Last Modified: | 04 Nov 2025 03:57 |
| URI: | http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/49067 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
