KEPEMIMPINAN KIAI DALAM MENGEMBANGKAN BUDAYA RELIGIUS (Studi Multi Kasus Di Pondok Pesantren Nurul Qarnain Sukowono Jember Dan Pondok Pesantren Salafiyah Syafi’iyah Al-Azhar Mojosari Asembagus Situbondo)

Hariyanto, Hariyanto (2022) KEPEMIMPINAN KIAI DALAM MENGEMBANGKAN BUDAYA RELIGIUS (Studi Multi Kasus Di Pondok Pesantren Nurul Qarnain Sukowono Jember Dan Pondok Pesantren Salafiyah Syafi’iyah Al-Azhar Mojosari Asembagus Situbondo). Doctoral thesis, UIN KH. Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
@ S3 DISERTASI HARIYANTO.pdf

Download (9MB)

Abstract

Hariyanto, 2022. Kepemimpinan Kiai Dalam Mengembangkan Budaya Religius (Studi Multi Kasus di Pondok Pesantren Nurul Qarnain Sukowono Jember Dan Pondok Pesantren Salafiyah Syafi’iyah Al-Azhar Mojosari Asembagus Situbondo). Disertasi., Program Studi Manajemen Pendidikan Islam Pascasarjana UIN KH. Ach. Sidiq Jember. Promotor: Prof. Dr. KH. Abd. Halim Soebahar, MA., Co-Promotor: Dr. H. Hepni, S. Ag, M.M. Kata Kunci: Kepemimpinan Kiai, Pengembangan Budaya Religius Pesantren menjadi lembaga pendidikan yang memberikan kontribusi nyata pada masyarakat, dengan segala kelebihan dan kekurangannya setiap pesantren memiliki karakter yang menjadi ciri khas baik aspek budaya, kelembagaan maupun aspek keunggulan keilmuan. Demikian halnya di Pondok Pesantren Nurul Qarnain dan Pondok Pesantren Salafiyah Syafi’iyah Al-Azhar memiliki keunikan dalam aspek kebudayaan yang menjadi penciri identitas pesantren. Karenanya dalam Fokus Penelitian ini yaitu: 1) Bagaimanakah Otoritas dan Power Kiai Dalam Mengembangkan Budaya Religius, 2). Bagaimanakah Komunikasi Kiai dalam Mengembangkan Budaya Religius 3). Bagaimanakah Strategi Kiai dalam Mengembangkan Budaya Religius. Dan tujuan penelitian ini adalah untuk: 1). mendeskripsikan Otoritas dan Power Kiai Dalam Mengembangkan Budaya Religius, 2). mendeskripsikan Komunikasi Kiai dalam Mengembangkan Budaya Religius, 3). mendeskripsikan Strategi Kiai dalam Mengembangkan Budaya Religius. Ketiga fokus tersebut diteliti dengan menggunakan teori Otoritas dan Power: Yulk, Hersey Blanchard , K. Hoy & Miskel, Weber, Model Komunikasi: Mark E. Hanson, James A. F. Stoner, dan Strategi Kepemimpinan: David Freed R, Jhon A Pearce dan Richard B. Dan beberapa teori yang relevan. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualititatif, dengan jenis studi multisitus dan rancangan fenomenologis, serta teknik penggalian data melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Sedangkan analisis penelitian ini menggunakan deskriptif interaktif dengan model Miles Huberman dan Saldana. Temuan penelitian ini adalah : 1). Otoritas dan Power Kiai ditunjukkan dengan: Otoritas Kiai: dengan pola pengelolaan kelembagaan yang terbuka, dan memberikan keleluasaan kepada bawahan dalam berinovasi, keterlibatan penuh masjlis keluarga, Power Kiai: sebagai pendiri dan pengasuh pesantren, demokratis dan karismatik, dasarkan pada legitimasi simbolik sebagai pengasuh dan Kiai Akadimisi, power di dasarkan pada kolektif kolegial. 2). Komunikasi Kiai: ditunjukkan dengan: sumber nilai-nilai agama, spiritual, humbel, keteladanan komunikasi verbal dan non verbal, persuasif, memaksimalkan informasi tekhnologi. sumber pada kemampuan dialektika akademik, praktikal, komunikasi variatif dan dinamis. 3). Strategi Kiai ditunjukkan dengan: Stategi perencanaan berbasis data-data lapangan, pengasuh membuat rencana, melibatkan pengurus, keleluasaan bawahan intuk improviasasi dan adopsi, membangun kepercayaan dan membangun partisipasi santri, perencaan bersama majlis keluarga dan memberikan tanggung jawab yang sama, adopsi kelembagaan dari Pesantren Sukorejo.

Item Type: Thesis (Doctoral)
Subjects: 13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130313 Teacher Education and Professional Development of Educators
20 LANGUAGE, COMMUNICATION AND CULTURE > 2001 Communication and Media Studies > 200101 Communication Studies
Divisions: Program Doktoral > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Mr. Hari yanto
Date Deposited: 18 Mar 2022 09:34
Last Modified: 18 Mar 2022 09:34
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/4907

Actions (login required)

View Item View Item