Pratama, M.Angga (2025) PENGEMBANGAN ASESMEN SUMATIF BERBASIS HOTS MENGGUNAKAN APLIKASI KAHOOT PADA MATA PELAJARAN IPAS KELAS IV DI MI SAYYIDUL QURO DESA GARAHAN KECAMATAN SILO KABUPATEN JEMBER TAHUN PELAJARAN 2024/2025. Undergraduate thesis, UIN Khas Kiai Achmad Siddiq Jember.
|
Text
M._ANGGA_PRATAMA_201101040015.pdf Download (4MB) |
Abstract
M. Angga Pratama, 2025: Pengembangan Asesmen Sumatif berbasis HOTS menggunakan aplikasi Kahoot pada Mata Pelajaran IPAS Kelas IV di MI Sayyidul
Quro Desa Garahan Kecamatan Silo Kabupaten Jember Tahun Pelajaran 2024/2025.
Kata Kunci: Asesmen Sumatif, HOTS, Kahoot
Aplikasi kahoot merupakan aplikasi kuis yang dirancang seperti game yang melibatkan pendidik dan siswa secara kompetitif. Penggunaan aplikasi kahoot sebagai media pembelajaran dirasa efektif untuk meningkatkan minat belajar siswa. Jika siswa termotivasi dalam belajar maka dalam menerima materi pelajaran akan lebih mudah.
Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: 1) Bagaimana proses pengembangan asesmen sumatif berbasis Hots menggunakan aplikasi Kahoot pada mata pelajaran IPAS kelas 4 di MI Sayyidul Quro Garahan Silo Jember tahun ajaran 2024/2025? 2) Bagaimana efektivitas asesmen berbasis HOTS menggunakan Aplikasi Kahoot pada pelajaran IPAS kelas 4 di MI Sayyidul Quro Garahan Silo Jember tahun ajaran 20024/2025?.
Penelitian ini bertujuan untuk: 1) mengetahui dan mendeksripsikan proses pengembangan asesmen sumatif berbasis Hots menggunakan aplikasi Kahoot pada mata pelajaran IPAS kelas 4 di MI Sayyidul Quro Garahan Silo Jember.tahun ajaran 2024/2025
2) menguji efektivitas pengembangan asesmen sumatif berbasis Hots menggunakan aplikasi Kahoot pada mata pelajaran IPAS kelas 4 di MI Sayyidul Quro Garahan Silo Jember tahun ajaran 2024/2025.
Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Research and Development (R&D) dengan menggunakan model pengembangan ADDIE. Tahapan-tahapannya meliputi Analisis (Analysis), Desain (Design), Pengembangan (Development), Implementasi (Implementation), dan Evaluasi (Evaluation). Instrumen yang digunakan untuk pengumpulan data mencakup pedoman wawancara, lembar angket, dan pre-test dan posttest. Teknik analisis data yang diterapkan meliputi analisis deskriptif kuantitatif dengan menggunakan persentase validitas dan persentase tingkat kelayakan, serta analisis deskriptif kualitatif. Selain itu, untuk mengevaluasi efektivitasnya, digunakan uji N-Gain Score.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) Produk yang dikembangkan yaitu Asesment sumatif berbasis Kahoot yang berisikan soal-soal sumatif berkaitan dengan materi Bab 1 yang memuat soal-soal menarik dan juga interkatif dengan kevalidan media pembelajaran memperoleh rata-rata sebesar 85,3% yang artinya termasuk kategori “sangat layak”. 2) Tingkat keefektifan asesmen sumatif berbasis HOTS menggunakan Kahoot hasil analisis skor N-Gain sebesar 53,6%, yang termasuk dalam kategori sedang. Hal ini menunjukkan bahwa penerapan asesmen berbasis HOTS dengan dukungan teknologi interaktif seperti Kahoot mampu memberikan kontribusi positif terhadap peningkatan hasil belajar siswa.
| Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
|---|---|
| Subjects: | 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130101 Continuing and Community Education 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130201 Creative Arts, Media and Communication Curriculum and Pedagogy 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130202 Curriculum and Pedagogy Theory and Development 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified |
| Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
| Depositing User: | M. ANGGA PRATAMA |
| Date Deposited: | 03 Nov 2025 01:31 |
| Last Modified: | 03 Nov 2025 01:31 |
| URI: | http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/49074 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
